Bupati H. Yusuf Lubis, SH, M.Si Himbau ASN  dan Masyarakat  Waspada Terhadap Virus CORONA

Pasaman, Editor.- Setelah Bupati kembali dari Padang menghadiri Rapat di Gubernuran yang diikuti oleh  seluruh Bupati/Walikota se Sumatera Barat pukul 11.00 WIB siang ini, terkait penyebaran Virus Corona yang begitu cepat, Pemkab Pasaman akan mengeluarkan kebijakan tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Coronavirus Disease (Covid-19) atau Virus Corona.

Kebijakan tersebut ditunjukkan kepada semua pihak di bawah struktur Pemerintahan Kabupaten Pasaman, untuk melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap penyebaran wabah virus corona. Disampaikan Bupati, pada saat pelaksanaan Apel Gabungan ASN dilingkungan Pemkab Pasaman di halaman Kantor Bupati Pasaman, Senin (16/3/2020).

Bupati juga menghimbau,  untuk 14 hari Kedepan terhitung Senin ini, agar jangan panik dan jangan sesekali menganggap enteng, jangan menganggap ringan tentang  Covid-19 ini, kita harus waspada dan harus disiplin dalam mengatur interaksi pencegahan penularan Covid-19.

“Seluruh warga harus bekerjasama, penularan ini terjadi karena interaksi dari orang ke orang, karena itu kita semua ambil tanggung jawab, kita semua harus terlibat, kita semua harus mencegah, dan pencegahan ini harus dilakukan oleh kita semua dengan cara  memantau perkembangan Covid-19 di daerah dengan menjaga jarak antar warga, mengurangi perjumpaan, menghindari kontak fisik, menjauhi tempat-tempat berkumpul orang banyak,” lanjutnya.

Untuk itu, kata Bupati Yusuf Lubis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan untuk dilaksanakan;

  1. Selama 14 hari kedepan jangan ada dulu pertemuan yang sifatnya berkumpul, berupa senam bersama, apel gabungan, dan bahkan sementara waktu kegiatan rutin kita tentang senin selasa kuliah tujuh menit dihentikan sementara, selamatkan diri sendiri, selamatkan keluarga, itu artinya menyelamatkan orang banyak.
  2. Hindari tempat-tempat berpotensi wahana penularan, misalnya kawasan yang penuh pengunjung, tempat-tempat kegiatan berdiri, duduknya saling berdekatan.
  3. Tunda semua kegiatan pengumpulan orang banyak, walaupun itu kegiatannya mulia, walaupun kegiatannya baik, dan dirasa perlu tapi jika tidak urgen maka tunda saja.
  4. Hindari sementara waktu bersentuhan fisik seperti, berjabatan tangan, lakukan interaksi tanpa bersentuhan, lakukan semua himbauan itu dengan disiplin, jangan menganggap enteng resiko penularan.
  5. Usahakan tidak bepergian dinas luar.

Ada 3 (tiga) hal amat penting untuk dikerjakan oleh setiap pribadi kita dan harus dikerjakan oleh semua kita;

  1. Cuci tangan dengan sabun secara rutin dan sesering mungkin.
  2. Hindari berjabat tangan atau bercium pipi dan gunakan metode lain kalau harus bersapa tanpa harus bersentuhan.
  3. Gunakan masker bila flu atau batuk dan pastikan bila batuk atau bersin maka tutup mulut atau hidung dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan.

“Untuk Informasi lebih lanjut, tunggu setelah pertemuan kepala-kepala daerah se Sumbar hari ini juga,” ujarnya.

Tampak hadir pula dalam apel gabungan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman, Kabag di Lingkungan Setda Pasaman, Kabid, Kasi, Staf serta Tenaga Honorer Kontrak. **Verdi

774 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*