Bupati Gusmal, Penanggulangan Bencana Jangan Hanya Terfokus Pada Tanggap Darurat

Bupati Slok, Gusmal saat memberi sambutan.
Bupati Slok, Gusmal saat memberi sambutan.

Arosuka, Editor.- Penanggulangan bencana saat ini tidak lagi hanya terfokus kepada tanggap darurat saja, tetapi bergeser kepada upaya pengurangan resiko bencana. Dalam menyikapi penanggulangan bencana, saya berharap semua SKPD dapat menampung dengan program masing-masing SKPD, sehingga apabila terjadi sebuah bencana maka seluruh SKPD yang terkait ikut serta dalam menanganinya.

Hal itu diungkapkan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM saat membuka secara resmi Sosialisasi Kebencanaan Bagi Aparat Kecamatan, Nagari Dan Masyarakat di Kabupaten Solok, bertempat di Ruang Pertemuan DPMN Kab. Solok, Senin (18/3).

Lebih lanjut bupati mengatakan, selain lembaga pemerintah, diharapkan masyarakat juga tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana yang bisa datang kapan saja. Kepada lembaga terkait diminta untuk meningkatkan sosialisasi dan pelatihan kesiapsiagaan bencana kepada kelompok siaga bencana (KSB) dan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“Saya berharap semua KSB di tiap-tiap nagari dapat meningkatkan keterampilan kelompok dalam penanggulangan bencana,” pinta Gusmal.

Sebelumnta ketua pelaksana kegiatan, Drs. Edward, MM yang juga Sekretaris BPBD Kab. Solok menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas kelembagaan kecamatan dan nagari di bidang kebencanaan. Peningkatan kapasitas melalui sosialisasi yang di bimbing oleh fasilitator.

Selain itu juga untuk membangun jaringan informasi dan kerjasama antar semua aparatur kecamatan, nagari dan masyarakat serta memberdayakan kelompok siaga bencana (KSB).

Kegiatan diikuti oleh 65 orang yang merupaka perwakilan dari Kec. Lembang Jaya 6 Nagari,  Kec. Pantai Cermin 2 Nagari, Kec. Lembah Gumanti 4 nagari  dan Kec. Gunung Talang 3 Nagari.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM, Kadis BPBD Kab. Solok, Drs. Dasril, MM dan Kadis PMN, Medison. ** Rhian/Doni/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*