Bijak Dalam Menyikapi Kritikan, Untuk Menjadi Lebih Baik

Ridwan Syafrullah.
Ridwan Syafrullah.

Semasa hidup selalu timbul permasalahan yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Begitu banyak permasalahan yang sering bermunculan, diantara terkait masalah kritikan. Berbagai Kritik yang bermunculan dalam kehidupan manusia. Baik itu berupa kritik yang membangun maupun kritikan yang menjatuhkan mental.

Pernahkah engkau dikritik habis-habis oleh orang lain? Disebut kurang keren, tidak inovatif, kurang jalan produktif, loyo dan lain sebagainya. Tentu saja ini menjadi beban pikiran, minder, malah menyalahkan diri sendiri.

Menyikapi kritik membutuhkan kelapangan hati, kepala dingin, dan keikhlasan untuk menerima, walau sebenarnya Sang pemberi kritik tidak lebih hebat dan lebih sukses dibanding diri anda. Untuk itu perlu bijak dalam menyikapi kritakan ini, ada  6 tips untuk dapat menyikapi kritikan dengan tepat sehingga kita dapat menyikapi dengan elegan.

  1. Dengarkan dan pilah

Dengarkan terlebih dahulu kritikan sampai tuntas. Jangan memotong apalagi memikirkan alasan. Ini bukan merendahkan harga diri Anda, tetapi sebagai bentuk menghargai orang lain dan menunjukkan kedewasaan Anda.

Selanjutnya sort your facts (pilah faktanya). Sehingga setiap kritikan yang dilontarkan dalam dicerna dengan baik, apakah itu memang betul adanya atau bukan.

  1. Terimalah bahwa kamu tidak sempurna No one is perfect.

Anda memang tidak sempurna, masih memerlukan banyak ilmu, wawasan, pengalaman, dan kerja keras. Stigma ini akan membuat Anda lebih gampang menerima kritikan orang lain.

  1. Mengevaluasi diri dari kritik yang konstruktif

Amati mana kritik yang konstruktif dan membangun. Jika memang ada yang harus diperbaiki, lakukan kajian perbaikan. Tapi ingat, jangan jadikan sebagai beban berat apalagi tertekan. Satu hal, apakah dengan memikirkan, menyalahkan diri dan cemas secara terus menerus bisa menyelesaikan masalah Anda? Tentu No alias tidak mungkin.

  1. Abaikan kritik yang menjatuhkan

Nah, ini merupakan bagian yang penting. Kritik yang menjatuhkan sangat tidak perlu dipikirkan. Buang jauh-jauh. Katakan kepada diri sendiri bahwa “Saya hanya akan memasukkan hal-hal yang baik ke pikiran saya. Pikiran yang berkelas sampah cukup diabaikan”. Ini menjadi penghambat kreativitas dan membuat jiwa Anda tidak sehat.

  1. Sampaikan terima kasih

Katakan terimakasih kepada orang yang memberikanmu kritikan. Bisa jadi kritik yang disampaikan sebagai bentuk perhatian orang lain kepada Anda. Mungkin saja kritiknya menjadi pemicu bagi Anda untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas Anda. Jangan membencinya apalagi memprovokasi. Karena dengan ini Anda bisa memacu kemampuan anda untuk menjadi lebih baik.

  1. Perbanyak Baca Istighfar

Cara ini telah dicontohkan oleh para sahabat Rasulullah. Dengan membaca istighfar maka hati akan menjadi lebih tenang sehingga memunculkan rasa optimis di dalam diri. ** Ridwan Syafrullah

147 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*