Baznaz Tanah Datar Salurkan Zakat Untuk Melanjutkan Pendidikan 

Foto bersama usai penyerahan bantuan.
Foto bersama usai penyerahan bantuan.

Batusangkar, Editor.-  Sebanyak 143 mahasiswa dan mahasiswi berasal dari Tanah Datar menerima bantuan biaya pendidikan dari Badan Amil Zakat (Baznas)  Tanah Datar, dengan total Rp. 219.600.000, Minggu (28/3.2021) di Gajebo Indo Jolito Batusangkar.

Ketua Baznas Tanah Datar  Ust. Yasmansyah MPD menyampaikan penyaluran bantuan pendidikan dari Zakat ini, salah satu tujuannya adalah turut membantu program pemerintah daerah di bidang Pendidikan.

“Pemberian bantuan bertujuan sedikit meringankan beban orang tua mahasiswa yang anaknya menempuh kuliah dalam melaksanakan Studinya, ” Ujar Ust Yasmansyah “.

Memang di awalnya ada 150 orang Mahasiswa yang di rencanakan menerima bantuan sebesar  Rp.1.000.000. ( satu juta),  hingga 2 Juta per orang,  namun setelah di seleksi ulang, hanya 143 orang mahasiswa  yang layak di berikan bantuan, ” ujar ust, Yasmansyah MPD ” .

Dan bantuan pendidikan bagi mahasiswa ini ,” ujar Ust. Yasmansyah  lebih kurang  95 persen berasal dari Zakat seluruh ASN ( Aparatur Sipil Negara) se Kabupaten Tanah Datar, ” .

Alhamdulillah zakat dari ASN, termasuk guru guru ASN Sekolah Dasar / SDN, SMPN / SLTP dikumpulkan melalui bendahara gaji dan di serahkan ke Badan Amil Zakat Tanah Datar ,kemudian di salurkan kembali kepada yang berhak menerimanya, seperti kegiatan hari ini,” jelas  Ust. Yasmansyah MPd.

Ketua Baznas Tanah Datar Ust .Yasmansyah MPD juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah daerah Tanah Datar ,melalui Bupati Tanah Datar, ke depannya semangkin banyak para Muzakki / pemberi zakat yang menyalurkan Zakatnya  kepada Baznas Tanah Datar.

Kita berharap ke depannya muzakih selain ASN Tanah Datar semangkin banyak dan meningkat. Dan jika memungkinkan kita berharap juga melalui Bapak Bupati Eka Putra SE ,Zakat guru guru SLTA / SMA N se Kabupaten Tanah Datar kembali di salurkan ke Baznas Tanah Datar, sehingga kita juga bisa membantu anak anak kita yang ada di jenjang SLTA / SMKN, sekaligus program program Baznas yang lainnya,” ujar Ust, Yasmansyah MPD.

Sementara itu Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan, bidang pendidikan tetap menjadi prioritas dan perhatian, untuk meningkatkan sumber daya manusia / SDM .

“Kita sepakat program yang baik tetap dilanjutkan, kegiatan ini membantu orang tua dan mahasiswa untuk melanjutkan sekolah ke jenjang perkuliahan atau Perguruan Tinggi. Sehingga kita berharap ke depannya tidak terdengar lagi ada anak / mahasiswa Tanah Datar gagal masuk kuliah, karena Ketiadaan Dana ,” ujar  Eka Putra.

Karena itu Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas pelaksanaan program seperti ini. Program ini tidak saja sekedar membantu tetapi nantinya juga akan menciptakan kesejahteraan rakyat,” ungkap  Eka Putra.

Bagi para penerima bantuan, Bupati Eka Putra berpesan ,agar terus semangat belajar lebih giat ,jangan menyerah pada keadaan ,” percayalah kita mempunyai potensi untuk sukses di masa depan, hari ini adik mahasiswa menerima bantuan ,kelak setelah tamat Kuliah, kerja dan mapan , adik adik lah nantinya yang akan menjadi Muzakki / pemberi zakat dan memberikan bantuan seperti kegiatan saat ini , ” ujar  Eka Putra.

Di akhir penyampaian Bupati Eka Putra di samping mengucapkan selamat kepada mahasiswa penerima bantuan juga berharap bantuan yang di berikan di manfaatkan Sebaik baiknya untuk keperluan belajar dan perkuliahan.

Hadir dalam pelaksanaan acara ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi Spd. MPD,Kepala Tata Usaha Kemenag Tanah Datar H. Yusmarli  , kepala Bank Nagari Syariah cab, Tanah Datar, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, jajaran pengurus Baznas Tanah Datar serta undangan lainnya.  ** John Denis

127 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*