Bahas Pembebasan Bukittinggi Dari Aktifitas  BABS, Pemko Gelar  Rapat Lintas SKPD

Rakor lintas SKPD untuk mewujudkan Bukittinggi bersih dari aktivitas ODF.
Rakor lintas SKPD untuk mewujudkan Bukittinggi bersih dari aktivitas ODF.

Bukittinggi, Editor.- Pemko  Bukittinggi bertekad  mewujudkan kota yang bebas dari aktifitas masyarakat Buang Air Besar Sembarangan ( BABS) yang dikenal  ODF (Open Defecation Free) 100 persen.

Untuk mewujudkan tekad itu, telah dibahas dalam rapat lintas SKPD di lingkungan Pemko Bukittinggi Selasa (04/05) , di Aula Bapelitbangm

Menurut Ismail selaku Plt Kepala Dinas Kesehatan, mengatakan, di Bukittinggi saat ini hanya sekitar 10% persen warga yang melakukan  buang air besar sembarangan (BABS),dengan istilah ODF (Open Defecation Free). Sisanya 90% persen lebih sudah stop ODF (Open Defecation Free).

Untuk itu, akn dilakukan verifikasi ODF di Bukittinggi LS terkait tingkat provinsi yang terdiri dari Dinas Kesehatan Sumbar, organisasi profesi, Hakli, PKBI, Pokja IV provinsi, fasilitator STBM provinsi.

“Dari hasil verifikasi lapangan itu, direkomendasikan agar dapat dibuatkan komitmen SKPD untuk intervensi nya sehingga tidak ada lagi di kota Bukittinggi yang BABS.

Upaya dapat diwujudkan dengan kerjasama seluruh SKPD dan didukung oleh masyarakatnya sendiri. Sehingga target Bukittinggi 100 persen ODF dapat direalisasikan,” jelasnya.

Dikatakannya,dari data lapangan, terdapat sejumlah warga di beberapa kelurahan yang masih melakukan BABS atau tidak memiliki septic tank. Untuk merubah kebiasaan masyarakat itu, harus ada strateginya

“Memang pada sebagian masyarakat itu, ada yang terkendala lahan dan juga ada karena faktor ekonomi. Itu yang kita dibahas dalam rapat, bagaimana persoalan ini dapat dituntaskan. Apalagi Bukittinggi akan memasuki penilaian kota sehat 2021,” ungkap Ismail.

Sementara Plt Asisten II Setdako, Melfi Abra, mengatakan, untuk mewujudkan Bukittinggi 100 persen   bebas ODF ini, dibutuhan kerjasama seluruh SKPD. Kerjasama itu, salah satu langkah untuk mewujudkan Bukittinggi yang bersih lingkungan dan masyarakatnya sehat.

“Ini langkah yang sangat baik. Bagaimana seluruh SKPD bahu membahu secara bersama,  yang diawali dengan rapat lintas SKPD,  dalam mewujudkan Kota yang sehat dengan 100 persen ODF,” ujarnya. ** Widya

Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*