Babinsa Koramil 04/Sikakap Ajak Warga Menginovasi Pengolahan Pinang

Pengolahan buah pinang di Sikakap.
Pengolahan buah pinang di Sikakap.

Mentawai, Editor.- Pohon pinang sering ditemukan di lahan masyarakat, sebagian ada juga yang membuat tanaman tersebut sebagai batas lahan dan ada juga memang ditanam sebagai sumber penghasilan, yaitu buahnya untuk di jual.

Di desa binaan Babinsa Koramil 04/Sikakap, Serka Jafril mengajak masyarakat  Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kab.Kep. Mentawia inovasi cara pengelolahan pinang yang lebih berkualitas, Selasa, (10/5/2022.

Dengan memanen buah pinang yang benar benar sudah tua dan selanjutnya di jemur di panas matahari hingga kering, selanjutnya di masukkan ke dalam karung di tempat yang kering sehingga kualitas buah pinang  menjadi baik, sebut Babinsa Koramil 04/Sikakap, Serka Jafril.

“Dimana selama ini terkadang  masyarakat memanen buah pinang yang belum tua, dengan alasan butuh uang dan sebagainya,” ucapnya.

Diantaranya, secara otomatis kualitasnya kurang baik, apalagi setelah di jemur pinang akan mengerut. Selanjutnya, apabila pinang di kutub dalam keadaan mateng dan di kelolah dengan baik pastinya memiliki harga yang tinggi dengan demikian masyarakat khususnya petani pinang akan terbantu, kata Babinsa Koramil 04/Sikakap,” ujar Serka Jafril, mengakhiri. **/Jumelsen

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*