Antipasi Makanan Tak Halal, Dinas Perdagangan Kota Padang Bentuk Satgas dan Tim Pemantau

H Endrizal,.
H Endrizal,.

Padang, Editor.- Setelah kabar memiriskan dan menggemparkan belum lama ini tentang adanya sate daging babi di Kota Padang. Peristiwa tersebuf telah rampung divonis oleh penegak hukum.

Namun seputar peristiwa terdahulu menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang mengingatkan, masyarakat tak boleh lengah untuk membedakan jika beli daging.  Daging babi dengan daging sapi jauh berbeda bentuk serat dagingnya. Begitu juga bau amis daging sapi dengan daging babi juga pasti beda. Termasuk membeli makanan yang bahan bakunya dari daging

Menurut Kadis Perdagangan Kota Padang Endrizal, dari lihat etnis yang berjualan saja pembeli sudah bisa membedakan. Mana jenis makanan yang halal dikonsumsi oleh umat muslim dan mana tempat kuliner yang tak pantas dimasuki sebagai pembeli makanan bagi kaum muslim.

“Pokoknya, pembeli makanan harus pintar melihat dan membedakannya,” jelas Hendrizal.

Disamping himbauan Endrizal agar warga Kota Padang tak tergelincir lagi jadi korban konsumen, Dinas Perdagangan Kota Padang telah membentuk Tim Satuan Tugas/Satgas Pangan. Tim Satgas Pangan ini terus berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Kota Padang. Tim ini terdiri unsur Polri dan TNI, pihak terkait Satpol PP dan Dinas Perdagangan.

Selain itu, Dinas Perdagangan juga membentuk tim pemantau dengan berbagai pihak terkait dinas dan instansi pemerintah Kota Padang seperti pihak dinas pertanian dan rumah potong hewan.

“Dengan adanya tim tersebut, kemungkinan masuknya daging yang diharamkan umat Islam masuk Kota Padang bisa diantisipasi dan takkan mungkin kecolongan. Sebab, masuknya daging import, pasti lewat saudagar daging dan rumah potong,” lanjutnya.

Pada sisi lain, Dinas Perdagangan mengkebut tambahan bangunan baru guna melengkapi fasilitas pasar yang dipergunakan oleh para pedagang.

Diantaranya, pembangunan pasar Belimbing, pasar Lubuk Buaya yang dapat digunakan pedagang bahan pangan untuk kebutuhan warga kota ini,” jelas Endrizal. ** Obral Chaniago

457 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*