Anggota Komisi I DPRD Prov. Sumbar, Desrio Putra Bagikan 2.500 Bibit Tanaman Porang

Desrio Putra bersama Keltan Saiyo Sakato, Nagari Cupak.
Desrio Putra bersama Keltan Saiyo Sakato, Nagari Cupak.

Arosuka, Editor.- Anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat, Desrio Putra.ST memberikan bantuan berupa 2.500 bibit tanaman Porang kepada kelompok tani (Keltan) Saiyo Sakato, nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Bantuan yang diserahkan pada Senin, 29 Agustus 2022 itu, merupakan bentuk dukungannya terhadap geliat pertanian sebagai usaha alternatif bagi pemulihan ekonomi menuju kesejahteraan pasca perekonomian dihempaskan secara global oleh Covid-19.

Dalam upaya  meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani itu, agar mendapatkan hasil yang maksimal, serta untuk mempermudah akses dikawasan lahan pertaniannya yang ada, Desrio Putra juga telah mengajukan kepada pemerintah provinsi Sumatera Barat untuk membuat jalan usaha tani ditiga nagari dikabupaten Solok.

Diantara jalan usaha tani yang akan segera dibangun pada tahun 2022 ini adalah di nagari Gantung Ciri, Lurah Nan Tigo, dan  di nagari Selayo, kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

Disela menyerahkan bantuan secara simbolis kepada ketua Keltan Saiyo Sakato, Politisi yang terlahir dari Partai Gerindra itu menyebutkan, bantuan yang diserahkan itu merupakan wujud dari dana Aspirasi kedewanannya yang rangkum kedalam pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD, dan disinergikan dengan Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Provinsi Sumatera Barat.

Turut hadir pada kesempatan itu, Asisten II Provinsi Sumatera Barat,  Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, wali nagari Cupak. Ketua Koperasi Porang Perdana Sejahtera (KPPS) kabupaten Solok, serta ketua DPC MOI Solok.

Desrio Putra mengatakan,  Sektor pertanian merupakan prioritas utama dan program unggulan pemerintah  provinsi Sumatera Barat. Sebesar 10 % dari APBD digunakan untuk menunjang usaha pertanian yang ada. Program itu juga sejalan dengan tatanan pembangunan nasional, selain untuk ketahanan pangan sektor pertanian juga merupakan penggerak perekonomian rakyat terutama yang ada didaerah perdesaan.

Terkait dengan dipilihnya bibit tanaman Porang sebagai bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani tersebut, karena populeritas tanaman itu kian meningkat seiiring banyak kandungan manfaat yang bisa didapatkan. Porang juga memiliki nilai strategis dan membuka peluang besar untuk dikembangkan serta diekspor.

Permintaan pasar di Sumatera Barat terhadap hasil tanaman Porang akhir akhir ini cukup tinggi, hal itu dapat dibuktikan dengan adanya disetiap daerah agen yang menunggu hasil tani tersebut. Untuk petani Porang dikabupaten Solok dan sekitarnya dapat memasarkan di KPPS Salayo,  Agen Porang Arosuka, dan  agen Porang di Saok Lawas yang terletak di perbatasan kabupaten dan kota Solok, imbuh Desrio Putra.

Lebih jauh mantan sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Sumatera Barat itu mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, juga harus diiringi dengan peningkatan produktifitas pertanian yang dilakukan melalui peningkatan kualitas, kapasitas, dan pengetahuan atau SDM pelaku tani oleh pemerintah daerah yang ada, serta melibatkan diri lansung dalam pemasaran.

Desrio Putra juga berharap agar pemerintah kabupaten Solok melakukan kajian unsur hara tanah dikawasan daerah tersebut, dan nantinya akan dijadikan sebagai acuan bagi masyarakat petani untuk menentukan tanaman yang cocok pada kawasan tersebut, serta bisa disingkronkan dengan bantuan yang ada dan akan diberikan oleh pemerintahan Provinsi ataupun dari pemerintahan daerah setempat.

“Pertanian itu bukan proyek, tetapi program jangka panjang yang berujung pada kesejahteraan, dan saya meminta agar pemerintahan yang ada, kedepannya fokus pada aspek peningkatan produksi Porang dan daya saing peningkatan ekonomi ” pungkas pria kelahiran nagari Selayo Kabupaten Solok tersebut.

Dari liputan media ini, penyerahan bantuan bibit tanaman Porang itu, diakhiri dengan penyampaian ucapan terimakasih kepada bapak Desrio Putra dari  ketua KPPS Kabupaten Solok, Maliyandra, dan dikatakannya, bantuan itu merupakan yang pertama diterima oleh masyarakat petani kabupaten Solok, khususnya masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Saiyo Sakato.

Maliyandra berharap, semoga bantuan yang diberikan oleh bapak Desrio Putra, bisa memotivasi pemangku jabatan lainnya, dan memberikan perhatian yang serupa, baik itu dari lembaga legislatif maupun dari pemerintahan daerah setempat. Dan Semoga bantuan ini membuat animo masyarakat lebih giat dalam membudayakan tanaman Porang, sehingga dapat meningkatkan perekonomian menuju kesejahteraan nantinya.

Mengakhiri harapannya itu, Maliyandra berharap untuk kedepan kabupaten dan kota Solok bukan saja menjadi lumbung beras tetapi juga menjadi lumbung Porang untuk kesejahteraan masyarakat petani.** Gia

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*