AKBP.Yudho Huntoro,S.IK Minta Dukungan Masyarakat, Latsitarda Nusantara Lakukan Karya Bhakti Di Pasaman

AKBP.Yudho Huntoro,S.IK Minta Dukungan Masyarakat, Latsitarda Nusantara Lakukan Karya Bhakti Di Pasaman
AKBP.Yudho Huntoro,S.IK Minta Dukungan Masyarakat, Latsitarda Nusantara Lakukan Karya Bhakti Di Pasaman

Pasaman, Editor.- Sebanyak 1373 Taruna dari Akademi Militer Angkatan Darat (AD) Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU) Akademi Kepolisian (Akpol) dan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) serta Politeknik Siber dan Sandi Negara, lakukan Latihan Integrasi Taruna Wireda (Latsitarda) Nusantara ke XLIII di Provinsi Sumatera Barat, mulai 19 Mai hingga 8 Juni 2023.

Peserta Latsitarda Nusantara disambut dalam upacara di Kantor Gubernur Sumatera Barat, dilanjutkan kirab dan atraksi marching band yang dimulai dari Istana Gubernur Sumbar hingga berakhir di GOR H Agus Salim (GHAS) Padang.

“Dari rundown acara yang kami terima, pembukaan, Latsitarda Nusantara dibuka Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono didampingi KSAD, KASAL, KASAU ,Kapolri dan Rektor IPDN,” ujar Kapolres Pasaman, AKBP Yudho Huntoro, S.Ik.M.IK Jumat (19/05).

Dijelaskan Yudho, setelah acara pembukaan, 1373 Taruna dan Praja serta Mahasiswa dipecah menjadi lima batalyon yang ditugaskan ke lima kabupaten kota di Sumbar yakni Kota Padang,Kota Pariaman,Kabupaten Pasaman,Pesisir Selatan dan Solok.

“Para Taruna dan mahasiswa nantinya akan melakukan tugas Latsitarda di daerah penempatan dan mereka tinggal di rumah- rumah penduduk,” jelasnya.

Latsitarda Nusantara di Sumatera Barat merupakan bagian dari pendidkan kepada Taruna dan Praja serta Mahasiswa.

“Pada masa Latsitarda Nusantara ini, para Taruna akan berintegrasi dengan sesama taruna juga dengan rakyat, sembari mengenal serta memahami adat istiadat dan kearifan lokal,” ujar AKBP Yudho Huntoro.

Di Pasaman sendiri, lanjut Yudho, juga dilakukan acara penyambutan peserta Latsitarda dan upacara di Halaman Kantornya Bupati Pasaman, pada hari Sabtu (20/5).

Upacara diawali atraksi Marching Band di jalan Sudirman Lubuk Sikaping, hingga masuk ke lokasi upacara, halaman kantor Bupati Pasaman.

“Kita bersama Pemda Pasaman dan Kodim 0305 sudah siapkan tiga lokasi karya bhakti di tiga kecamatan, masing-masingnya Kecamatan Lubuk Sikaping, Bonjol dan Kecamatan Tigo Nagari,” katanya.

Terakhir, Yudho menghimbau seluruh komponen masyarakat dan stake holder di Kabupaten Pasaman, dapat mendukung dan menyukseskan Latsitardanus XLIII tahun 2023.

Tiga minggu peserta berbaur di daerah tugas, berintegrasi dengan rakyat pasti banyak kegiatan positif bisa dilakukan dan tentunya bermanfaat bagi daerah di mana Taruna melakukan pengabdian dan bhaktinya.**Saiful

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*