Ada 180 Tenaga Kerja di Payakumbuh Terdampak Covid-19

Wal Asri.
Wal Asri.

Payakumbuh, Editor.- Hasil pendataan awal yang dilakukan Pemko Payakumbuh tercatat  180 tenaga kerja di yang terdampak pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Payakumbuh Wal Asri di Payakumbuh, Kamis, mengatakan pihaknya saat ini terus mendata warganya yang pekerjaannya terdampak karena Covid-19.

“Data sampai Rabu sore kemaren, ada 188 warga kita yang telah terdampak, mulai dari PHK, dirumahkan dan yang pendapatannya menurun drastis semenjak adanya COVID-19,” katanya.

Untuk yang di PHK, sampai saat ini ada 88 orang, 12 orang dirumahkan dan 80-an orang yang pendapatannya menurun drastis.

“Ini baru data awal, belum selesai kita data semuanya. Ini akan terus kita data, sampai semuanya terdata,” sebutnya.

Menurut Wal Asri, seluruh tenaga kerja yang terdampak tersebut berasal dari berbagai sektor pekerjaan yang pada umumnya karyawan toko dan industri kecil menengah.

“Ada pusat perbelanjaan yang mengurangi jumlah karyawan, karena kondisi usaha yang melemah saat ini. Tapi mereka memang telah memberi pesangon kepada karyawannya,” ujarnya.

Pekerja yang terdampak COVID-19 ini, telah diminta untuk mendaftar ke kartu pra-kerja. Karena pemerintah pusat, akan menyediakan pelatihan dan insentif bagi mereka yang terdaftar di kartu pra kerja.

“Secara total masing-masing yang terdaftar itu mendapatkan Rp3.550.000 dari pemerintah pusat yang ada peruntukkannya masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, Pemko Payakumbuh juga akan memberikan bantuan kepada tenaga kerja yang terdampak tersebut dalam bentuk sembako berupa beras. Dalam memastikan orang yang akan menerima bantuan tepat sasaran, pihaknya juga melibatkan lurah, RT dan RW. ** Yus

368 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*