Acara Panjat Pinang di Nagari Simpang Pasaman, Murni Inisiatif Pemuda

Acara panjat pohon pinang di Nagari Simpang,Pasaman.
Acara panjat pohon pinang di Nagari Simpang,Pasaman.

Pasaman, Editor.- Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Karang Taruna Tiber melakukan kegiatan halal bi halal dan panjat pinang sebagai ajang silaturahmi dan hiburan bagi masyarakat setempat.

Kagiatan yang sempat viral dimedia sosial ini bahkan menjadi topik pemberitaan beberapa media lokal di Pasaman.

Saiful Amri selaku Pembina Karang Taruna menjelaskan, acara ini murni inisiatif adik adik pemuda karena sudah menjadi tradisi kami setiap lebaran. Biasanya kami selain halal bi halal, panjat pinang, tembak sasaran juga ada hiburan “buayan kaliang”. Tapi karena sedang masa pandemi tahun ini kami hanya mengadakan silaturahmi antar sesama pemuda dan panjat pinang sebagai hiburan masyarakat.

Babinkamtibamas Nagari Simpang Bripka Irwansyah yang mengetahui kegaiatan ini langsung mendatangi lokasi.

“Kami atas nama Kapolsek Bonjol selaku Babinkamtibmas dan juga selaku orang “Sumando” nagari Simpang meminta untuk membatalkan acara ini karena melanggar akan mendatangkan kerumunan massa sehingga berpotensi manjadi kluster baru Covid 19.

Tapi karena batang pinang nya sudah siap dan persiapan sudah matang, pemuda tetap ingin melakukan kegiatan dan berjanji akan melaksanakan kegiatan prokes yang ketat sesuai dengan himbauan Babinkamtibmas.

Walaupun sudah menerapkan prokes, ada tempat cuci tangan, masker dan handsanitizer di posko Karang Taruna, tapi masyarakat yang datang enggan memakainya.

Namanya saja pemuda dengan latar belakang pendidikan dan ekonomi yang berbeda enggan untuk memakainya. Hanya beberapa orang yang mematuhi, bahkan lebih banyak yang “came’eh” dan abai akan prokes.

“Manga pakai masker kan ndak ado ghai ughang lua doh. Kito kito sa kampuang sajo nyoh.” Itu rata rata alasan masyarakat.

Acara yang direncakan berlansung dua jam dari jam 16.00 – 18.00 Wib tapi hanya berjalan sekitar 15 menit karena turun hujan yang lebat.** Saiful Amri

115 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*