Sejarah Baru Sejak 1945, Top Leader Perempuan Pertama, Nurlaini Jadi Camat Koto XI Tarusan

Sertijab pejabat lama Yudi Andri SY, S.H,M.Si kepada pejabat baru Nurlaini, S.E, M.Si.

Tarusan, Editor.- Pemerintah kabupaten Pesisir Selatan menggelar serah terima jabatan (Sertijab) pejabat lama Yudi Andri SY, S.H,M.Si kepada pejabat baru Nurlaini, S.E, M.Si. Kegiatan serah terima jabatan ini dilaksanakan di Halaman kantor setempat, Senin ( 20/3/2023).

Diserah terimakan jabatan camat ini kepada Nurlaini merupakan sejarah baru sejak tahun 1945. Tercatat Nurlaini merupakan top leader perempuan pertama yang menjabat sebagai camat Koto XI Tarusan.

Hadir dalam serah terima jabatan ini, Bupati Pesisir Selatan yang diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pesisir Selatan, Tamsir, Forkompica setempat, Wali Nagari sekecamatan Koto XI Tarusan, tokoh masyarakat, LSM dan wartawan.

Dalam kata sambutannya pejabat lama Yudi Andri mengucapkan ribuan terima kasih dan ucapan maaf kepada masyarakat koto XI Tarusan jika selama bertugas ada salah dan tidak sesuai dengan harapan

“saya ucapkan ribuan terima kasih dan maaf yang sedalamnya kepada wali nagari, tokoh masyarakat dan masyarakat koto XI Tarusan umumnya, jika selama bertugas ada salah dan tidak sesuai dengan harapan, ” ucap Yudi Andri

Sedangkan Pejabat Baru, Nurlaini dalam sambutannya berharap semua elemen mulai dari wali nagari, tokoh masyarakat dan lain bisa berkolaborasi untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah kabupaten pesisir Selatan.

” Ini kampung halaman saya, saya berharap kita semua bisa berkolaborasi untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah ” ungkapnya

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pesisir Selatan, Tamsir, mengucapkan selamat kepada camat Nurlaini yang telah dilantik menjadi Camat Koto XI Tarusan. Mudah-mudahan kehadirinnya sebagai camat baru akan mampu menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan mewujudkan visi dan misi pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan

Promosi dan rotasi di lingkungan birokrasi pemerintahan merupakan hal biasa, promosi diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Pessel atas prestasi kerja dan kinerja PNS yang telah dibuktikannya selama ini.

Sedangkan rotasi dilakukan guna memberikan suasana, tantangan dan motivasi di tempat tugas yang baru guna peningkatan karir sebagai PNS, ungkapnya.

Jabatan camat pada hakekatnya merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintah serta sebagian urusan otonomi yang dilimpahkan oleh bupati untuk dilaksanakan diwilayah kecamatan.

Oleh karena itu sangat dibutuhkan suatu perilaku yang baik dari camat guna meningkatkan kesadaran dari aparatur pemerintah nagari sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam setiap kegiatan.

Sehingga camat bisa memposisikan diri dengan baik di tengah-tengah masyarakat dan aparatur pemerintah nagari dalam memberikan pedoman dan pembinaan, sehingga mampu menerima kebijakan-kebijakan dan keputusan-keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah Kecamatan, terang Tamsir

Selain itu, Camat sebagai top leader di kecamatan hendaknya mampu menjadi pembimbing dan pembina bagi aparatur pemerintah kecamatan guna mengoptimalkan peran dan kinerja dalam upaya pemenuhan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu perlu dibangun komunikasi yang baik antar semua pihak, baik pimpinan maupun instansi-instansi vertikal agar tercipta keserasian dalam menjalankan setiap program kerja.

“Kami berpesan kepada saudari Nurlaini agar bersungguh-sungguh mengemban amanah ini, karena sebagai pemimpin saudara harus mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan mewujudkan visi dan misi daerah ,” ujarnya.

Seiring itu, kepada kesempatan ini juga mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian yang telah dilakukan oleh Yudi Andri selama melaksanakan tugas sebagai Camaat Koto XI Tarusan. Semoga pengabdian dan jasa baik saudara selama ini menjadi bagian dari amal ibadah, tutupnya. ** Findo/Dasrul

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*