87 Nagari di Pesisr Selatan Belum Cairkan Dana BLT 2022

Pesisir Selatan, Editor.- Sebanyak 87 nagari dari total 182 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Belum melakukan pencairan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk tahun 2022.

Hal ini terjadi karena 87 nagari tersebut masih dalam permohonan pengajuan karena harus melengkapi persyaratan.

Kepala Bidang Pemerintahan Nagari, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Keluarga Berencana (DPMDPPKB), Loli Nofita mengatakan untuk pencairan dana BLT itu, pemerintah nagari harus melakukan perekaman data Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Selanjutnya, menginput data tersebut ke dalam aplikasi berdasar Peraturan Nagari yang telah dibuat.

“Untuk data sementara saat ini, total nagari yang sudah mencairkan dana BLT hanya 95 nagari, sisanya masih dalam proses,” jelas Loli kepada wartawan, sabtu (26/3/2022) di Painan.

Loli menambahkan melalui anggaran Dana Desa (DD) setiap KPM yang tercatat sebagai penerima BLT jumlahnya masih sama dengan tahun sebelumnya.

Setiap KPM bakal menerima bantuan sebesar Rp300.000 setiap bulan selama satu tahun. Bagi pemerintah nagari yang telah melakukan pencairan dan BLT dari DD pada tahap awal ini sudah bisa menyalurkan kepada masyarakat.

“Nagari sudah bisa mencairkan untuk periode Januari-Maret, tiap bulannya sebesar Rp300.000,” tuturnya.

Diketahui, pada tahun 2022 pemerintah nagari harus melaksanakan sejumlah program yang ditetapkan pemerintah pusat. DD yang bersumber dari APBN itu dimanfaat untuk program ketahanan pangan dan hewani yang akan menghabiskan anggaran sebesar 20 persen.

Selanjutnya, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan alokasi anggaran terbesar yaitu 40 persen DD dan dilanjutkan dengan program percepatan penanganan COVID-19 sebesar 8 persen.

Dari hitungan tersebut, sebanyak 68 persen DD bakal digunakan untuk tiga program yang telah ditetapkan pemerintah. Sementara, sisanya sebesar 32 persen dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan prioritas di tiap nagari.**  Findo

250 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*