Tiga Nagari di Solok Selatan Tanpa Penjabat Wali Nagari

Nagari Pasir Talang Selatan.
Nagari Pasir Talang Selatan.

Solok Selatan, Editor.- Tiga Nagari di Kabupaten Solok Selatan lebih kurang  2 bulan sudah dua bulan terjadi kekosongan tiga jabatan wali nagari, sejak massa jabatan wali nagari defenitif habis pada rentang waktu Juni- Juli 2022 dan kekosongan jabatan sementara diisi oleh pelaksana harian (Plh) yang merupakan Sekretaris Nagari (Sekna).

Pemerhati Pemerintahan Nagari (Pemnag) di Solsel, S Wk Dt Lingkau Bulan mengatakan, selain kekosongan penjabat (Pj) wali nagari juga terdapat kekosongan perangkat nagari yakni Badan Musyawarah Nagari (Bamus) di  tujuh Pemnag.

Dia menyebutkan, tiga nagari saat ini yang hanya dijabat Plh Wali Nagari, yaitu Nagari Pasir Talang, Nagari Sako Utara dan Nagari Sako Selatan Kecamatan Sungai Pagu. Kemudian, ada beberapa nagari yang Bamus belum ada, diantaranya Pasir Talang, Pasir Talang Barat, Pasir Talang Timur, Pasir Talang Selatan, Nagari Sako, Nagari Sako Utara dan Sako Selatan.

“Dampaknya, Plh Wali Nagari kesulitan menjalankan roda pemerintahan nagari, terutama yang berkaitan dengan pencairan keuangan yang bersumber dari Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa,” kata S Wk Dt Lingkau Bulan.

Sementara untuk nagari yang terjadi kekosongan Bamus, juga bakal terkendala dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan di tingkat nagari dan proses pembahasan perubahan anggaran Nagari

“Karena apabila berlarut-larut akan berdampak pada sanksi yang bakal diterima Nagari karena tidak tercapai target dalam proses pencarian dana desa,” sebutnya.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Solsel, Alfis mengaku bahwa ada 4 nagari yang belum dilantik Pj Nagari Wali Nagarinya, termasuk Nagari Padang Gantiang Kecamatan Sangir Jujuan, Wali Nagari Padang Gantiang karena meninggal dunia.

” Jadi ada 4 nagari semuanya. Tinggal proses penandatanganan sama pimpinan. Mungkin dalam pekan depan bisa dilantik ke empat Pj wali nagari itu,” tutupnya.** Sus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*