7000 Orang Tenaga Kerja di Limopuluah Kota Belum Dapat Kesempatan Kerja

Limopuluah Kota, Editor.- Sedikitnya ada 7000 orang calon tenaga kerja di Limopuluah Kota yang belum mendapat kesempatan kerja sampai saat ini.

Mengingat besarnya angkatan kerja yang belum mendapat kesempatan kerja,maka Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja Kabupaten Limopuluah Kita melalui Kabid  Ketenagakerjaan mencoba mencari terobosan dengan menjajaki peluang  kerja bagi angkatan kerja yang masih menganggur di Limopuluah Kota.

Inovasi dan terobosan yang dilakukan kabid. Ketenagakerjaan itu, merupakan tindak lanjut dari arahan Bupati Limopuluah Kota Irfendi Arbi yang sangat peduli terhadap angkatan kerja yang belum mendapat kesempatan kerja.

Untuk  mengatasi penganguran itulah,  bidang ketenagakerjaan dinas perindustrian dan tenaga kerja kab 50 kota melakukan inovasi dengan membuat terobosan bersama dengan lembaga Penyaluran Tenaga Kerja Swasta (LPTKS) yaitu PT. Tunas Sarana Mulia Batam.

Melalui LPTKS PT.Tunas Sarana Mulia Batam itulah  dicarikan  peluang kerja untuk calon tenaga kerja dari Limopuluah Kota yang masih menganggur.

Alhandulillah tercatat 18 Perusahaan besar di Batam menyatakan siap menampung calon tenaga kerja dari Limopuluah Kota, secara bertahap jelas kabid Ketenagakerjaan Dinas Perindustrian dan tenaga Kerja Limapuluh Kota Afrizal S.Sis. MSI Dt.Tumangguang  dalam laporannya pada pembukaan seleksi calon tenaga kerja yang akan ditempatkan di dua perusahaan besar di Batam.

Seleksi calon tenaga kerja itu langsung dilakukan oleh PT.Tunas Sarana Mulai yang dipimpin oleh Satria Indra warga Andaleh Kecamatan Luhak Kabupaten Limopuluah Kota.

Seleksi yang dibuka oleh Bupati Irfendi Arbi itu dilangsungkan di aula Kantor Pangan Limapuluh Kota,Sabtu (23/6).

Menurut Afrizal, kedepan calon tenaga kerja yang masih menganggur akan disalurkan oleh PT. Tunas Sarana Mulia Batam yang menjadi mitra dinas perindustrian dan tenaga kerja Limapuluh Kota  karena Pemkab.Limapuluh Kota menjalulin kerjasama dengan perusahaan milik putra luak Limopuluah itu.

Tugas PT.Tunas Sarana Mulia Batam yang mendapat rekomendasi dari mentri perindustrian RI itu mulai dari Pengenalan perusahaan, rekruitmen tenaga kerja dengan tahapannya, Setelah calon tenaga kerja yang ikut seleksi,  dinyatakan lulus,  akan di cek medical serta wawancara akhir dengan user / perusahaan pemakai.

Yang dinyatakan lulus langsung tandatangani kontrak kerja 2 tahun.. seluruh biaya pemberangkatan nanti ditanggung oleh perusahaan pemakai, tambah Afrizal  Kabid Ketenagakerjaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab 50 Kota dalam laporannya.

Menurut Afrizal,Jumlah yang mendaftar untuk ikut seleksi  164 orang, sementara yang akan ditampung hanya 100 orang untuk mengisi formasi di PT. Rubenco dan exelent.

Bupati sangat peduli dalam pemberantasan pengangguran dalam sambutannya mengatakan  sangat mendukung kegiatan ini. Diharapkan oleh Bupati kepada calon tenaga kerja untuk menjaga adat dn etika,murah senyum dn menjaga nama daerah, harap Bupati.

Bupati Lepas 16 Calon Tenaga Kerja Ikuti Dikkat di Serang

Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Irfendi Arbi juga melepas peserta Pendidikan dan peLatihan (Diklat ) berbasis kompetensi yang di adakan kementerian Tenaga Kerja di Balai Besar Diklat Serang, Banten.

Upacara pelepasan itu di laksanakan minggu 24/6 di pandopo rumah dinas Bupati Labuah Basilang Kota Payakumbuh,dihadiri Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluh Kota,Kabid.Ketenagakerjaan Afrizal S.Sos (dt.Feri),orang tua calon tenaga kerja yang akan ikut Diklat tenaga Kerja di Serang Banten.

Bupati dalam arahannya meminta kepada tenaga kerja yang akan mengikuti Dikkat Pelatihan Berbasis Kompetensi di Balai besar latihan Kerja Serang Banten untuk bersukur karena telah lulus tes dan terkirim untuk mengikuti diklat ke serang banten. Tidak semua yang mendaftar bisa dikirim, karena tidak lulus seleksi.

Rajin belajar dan perlihatkan prestasi yang membanggakn orang tua dan daerah. Berusaha dan berdoa supaya terpilih jadi peserta yang lansung dipekerjakan, harap Bupati.

Setelah bekerja nanti jangan lupa membalas budi orang tua. Jaga kekompakan sikap dan etika serta nama baik daerah selama pelatihan,pinta Bupati.

Menurut Afrizal S.Sos. MSi, diklat pelatihan berbasis kompetensi ini adalah Program pengembangan latihan kerja dalam rangka menciptakn lapangan kerja mandiri dan pengentasan pengangguran yang dilaksanakan oleh Kementerian Tenaga Kerja kerjasama dengan Balai Besar Latihan Kerja Serang Banten.

Setelah pelatihan itu nanti, mereka akan ditempatkan di perusahaan besar di indonesia karna mereka mendapat sertifikasi Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK),jelas Dt Feri panggilan akrab Afrizal.

Kabupaten Limapuluh Kota mendapat kuota sebanyak 32 orang untuk dua angkatan, angkatan pertama tercatat 40 orang yang mendaftar, tetapi yang lulus hanya 16 orang sesuai dengan kuota untuk angkatan pertama, ungkap Dt. Feri.

Karena pelatihan ini merupakan program kementerian tenaga kerja RI bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Kerja Serang Banten, seluruh biaya ditanggung oleh Kementerian, mulai dari biaya transportasi pulang pergi, akomodasi selama mengikuti Dikkat, termasuk konsumsi, pakaian diklat dan bahan pelatihan, uang saku,  selama pelatihan 1,5 bulan, tambah Afrizal. ** Yus

691 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*