64 ekor Kuda ikut Berpacu di Gelanggang Bukit Ambacang pada Event Pacu Kuda Open Race Wali Kota-Bupati Cup 2023

Bukittinggi, Editor.-Tercatat 64 ekor kuda dari Kabupaten/Kota se Sumbar, Riau dan Jawa Baat, ikut berpacu di Gelanggang Bukit Ambacang pada event Pacu Kuda Open Race Wali Kota-Bupati Cup 2023, Minggu (19/03/2023).

Pacu kuda tradisional itu, digelar Pemko Bukittinggi berkalaborasi dengan Pemkab.Agam, didukung Pordasi Sumbar,Agam dan Bukittinggi.Digelar untuk memberi hiburan bagi pengunjung secara gratis, serta meningkatkan pergerakan UMKM.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, event pacuan kuda ini, menjadi kegiatan yang akan terus diselenggarakan sebagai kalender event Bukittinggi.

“Alhamdulillah tahun ini 2023 kita dapat menyelenggarakan pacu kuda. Rencana akan dilaksanakan 2 kali yaitu semester awal dan di akhir tahun. Jadi Pacu kuda ini akan dilaksanakan juga di akhir tahun di hari jadi kota Bukittinggi, atau setidaknya sebelum berakhir tahun 2023,” ungkap Erman.

Bupati Agam, Andri Warman, mengungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk mensupport kegiatan Pordasi. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan dampak baik terhadap pemulihan ekonomi.

“Setelah sempat absen selama tiga tahun terakhir, Alhamdulillah tahun ini kembali diadakan open race pacu kuda di Galanggang Bukik Ambacang ini. Ini gratis dan dalam sejarahnya, baru perdana dilaksanakan kolaborasi antara Pemkab Agam dengan Pemko Bukittinggi. Ini akan kita pertahankan dan ditingkatkan kedepannya.” ujar Bupati Andri Warman,

Sementara Gubernur Sumbar, Mahyeldi, mengapresiasi pelaksanaan pacuan kuda Wali Kota-Bupati Cup 2023 ini. Kegiatan ini dapat meningkatkan olahraga tradisional Sumatra Barat dan tentunya berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

“Kedepan, kita akan siapkan pacuan kuda berstandar internasional. Sehingga akan ada event olah raga internasional dilaksanakan di Sumatra Barat. Terima kasih pada Pordasi Sumbar, Pordasi Agam dan Pordasi Bukittinggi, serta Niniak Mamak, masyarakat Bukittinggi – Agam, yang ikut sukseskan event ini,” ujar Gubernur.**Widya

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*