Kiprah dan Karya Ali Mukhni Sebagai Wabup dan Bupati Padang Pariaman (4): Menghasilkan Pembangunan yang Monumental Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat dan Daerah

Maket rencana pembangunan Pusat Pendidikan Terpadu (TPD) di Korong Tarok Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2 x 11 Kayutanam.
Maket rencana pembangunan Pusat Pendidikan Terpadu (TPD) di Korong Tarok Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2 x 11 Kayutanam.

Berkat visioner dan penuh inovasi, semasa berkiprah dan berkarya sebagai wabup (2005-2010) dan dua periode sebagai bupati (2010-2020) Ali Mukhni menghasilkan pembangunan yang monumental yang bermanfaat bagi masyarakat dan daerah Padang Pariaman.

Disimpulkan monumental karena selagi daerah Kabupaten Padang Pariaman masih eksis di dalam NKRI, masyarakat dan warga perantaunya akan mengenang dan mengakuinya sebagai kiprah dan karya Ali Mukhni semasa menjabat wabup dan bupati dimaksud.

Ada pun hasil pembangunan yang monumental itu di antaranya adalah:

  1. Masjid Agung Syeh Burhanuddin di Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis
  2. Politeknik Pelayaran Sumbar di Tiram Nagari Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis
  3. Masjid Raya Padang Pariaman di kompleks IKK Parit Malintang Nagari Parit Malintang

Kecamatan Enam Lingkung

  1. Irigasi Anai II
  2. Objek Wisata Pantai Tiram di Nagari Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis
  3. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman di Nagari Sintuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang
  4. Jembatan Campago Nagari Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam
  5. Jembatan Koto Buruak Nagari Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung untuk Jalan Lingkar

Duku-Sicincin

  1. Jembatan Kayu Gadang Sikabu Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung
  2. RSUD Padang Pariaman di Nagari Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung
  3. Bandara Internasional Minangkabau di Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai
  4. Asrama dan Embarkasi Haji di Nagari Sungai Buluah Selatan Kecamatan Batang Anai
  5. Jalan Tol Padang Pariaman-Pekan Baru
  6. Stadion Utama Sumbar di Nagari Sikabu Kecamatan Lubuk Alung
  7. Kawasan Tarok City di Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2 x 11 Kayutanam

Tak dapat dipungkiri bahwa hasil pembangunan nomor satu sampai sebelas, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan perantau Padang Pariaman, juga warga kabupaten dan kota lainnya di luar dan dalam Provinsi Sumbar.

Memang Asrama dan Embarkasi Haji di Nagari Sungai Buluah Selatan Kecamatan Batang Anai Jalan Tol Padang Pariaman-Pekan Baru, Stadion Utama Sumbar dalam rangka Sumbar tuan rumah PON tahun 2022 (?), dan Kawasan Tarok City, pelaksanaan pembangunannya sedang jalan atau masih dalam proses.

Jika prediksi tidak meleset, pembangunan Jalan Tol Padang Pariaman-Pekan Baru dan Stadion Utama Sumbar pada saatnya akan terwujud berkat kepedulian Pemerintah Pusat dan Pemprov Sumbar. Khusus pembangunan Kawasan Tarok City pada lahan seluas 697 hektar di mana Pemkab Padang Pariaman, yang menurut Ali Mukhni telah mengalokasikan anggaran hampir Rp 20 miliar di tahun 2018.

Di samping itu, menurut Ali Mukhni, semua dokumen dan administrasi pembangunan Tarok City sudah lengkap dan tidak satu pun yang melanggar aturan, termasuk dokumen tidak berada dalam kawasan hutan lindung dari Dinas Kehutanan (Dishut) Sumbar, dokumen Hak Guna Usaha (HGU) kawasan Tarok City, serta telah sesuai dengan Perda RTRW Padang Pariaman yang berlaku hingga tahun 2030.

Jika memang demikian adanya, kita harapkan pembangunan Tarok City dapat diwujudkan oleh bupati Padang Pariaman yang baru (periode 2021-2026). ** Rafendi  (tamat)

426 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*