LPM Garegeh Akan Gelar Kurai Internasional Heritage Festival

Proposal pelaksanaan kurai Internasoonal Heritage Festival diserahkan panitia kepada Wako Ramlan..
Proposal pelaksanaan kurai Internasoonal Heritage Festival diserahkan panitia kepada Wako Ramlan..

Bukittinggi, Editor.- Kurai Internasional Heritage Festival, bakal digelar Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), bersama niniak mamak, bundo kanduang, pemuda dan masyarakat Kelurahan Garegeh Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Maret 2021 mendatang.

Menurut Ketua LPM Kelurahan Garegeh, Zami Sofa Kari Zainudin, didampingi Sekretaris LPM Firdaus Malin Barbangso, mengatakan, tujuan digelarnya acara festival itu untuk memperkenalkan budaya Kurai dan memajukan budaya bangsa ke mancanegara.

Event ini ditargetkan akan dihadiri 20 Negara dari 5 benua. Kegiatan ini dilatarbelakangi budaya Minangkabau merupakan akar budaya nasional yang tampil dengan ciri khas anak nagari dan mencerminkan kultur budaya masyarakatnya.

Tujuan pelaksanaan event ini agar keberagaman kebudayaan daerah yang merupakan kekayaan dan identitas bangsa dapat memajukan kebudayaan Nasional Indonesia di tengah dinamika perkembangan dunia dan langkah strategis dalam Pemajuan Kebudayaan, ujar Zami Sofa, kepada awak media kemaren.

Dikatakannya, kegiatan atau tradisi budaya yang akan ditampilkan dalam event Kurai Internasional Heritage Festival tersebut meliputi penampilan Seni Tari Pasambahan yang memvisualisasikan ungkapan selamat datang untuk para tamu dan hiburan untuk masyarakat, Makan Bajamba yang sering dilaksanakan masyarakat Kurai pada acara perkawinan (baralek), Panitahan dan Silat Tradisi.

“Karena itu, LPM Garegeh dan niniak mamak ingin berupaya mempertahankan nilai-nilai tradisi tersebut. Melalui event Kurai Internasional Heritage Festival ini, sehingga seni-seni tradisi ini tetap hidup sebagai identitas budaya di Kurai V Jorong. Seperti halnya event Pencak Silat yang saat ini juga telah mendunia,”ungkap Zami Sofa diamini Firdaus.

Event internasional direncanakan diikuti peserta dari Inggris, Spanyol, Amerika Serikat, Belgia, Italia, Perancis, Denmark, Pakistan, Filipina, India, Angola, Jerman, Belanda, Thailand, Malaysia dan tuan rumah Indonesia. LPM Garegeh juga sekaligus mempromosikan budaya atau tradisi Kurai yang ada di Bukittinggi kepada masyarakat lokal, Nasional maupun Internasional. Serta mewujudkan tujuan pembinaan Pencak Silat umumnya dengan menekankan kepada aspek olahraga beladiri dan seni.

Firdaus menambahkan, untuk mensukseskan event internasional ini, LPM Garegeh bersama niniak mamak,bundo kanduang dan anak nagari meminta dukungan dari Pemerintah Kota Bukittinggi agar iven ini berjalan sukses dalam rangka melestarikan seni tradisi minangkabau khususnya budaya Kurai.

“Rencana kegiatan diinisiasi LPM dan pemuda Garegeh didukung KAN Koto Selayan, Ketua KAK, PWK dan Niniak amamak. Proposal pun sudah kami berikan kepada Wali Kota Bukittinggi,” jelas Firdaus.** Widya

454 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*