23 Oktober Ditetapkan Jadi Hari Dies Natalis UNP

Padang, Editor.- Pembukaan secara resmi PTPG Batusangkar pada tanggal 23 Oktober 1954,  ditetapkan Hari Jadi Universitas Negeri Padang.. Atas dasa itu maka mulai tahun 2018 ini tanggal 23 Oktober diperingati sebagai peringatan hari jadi atau Dies Natalis.

Hal tersebut ditegaskan Rektor UNP, Prof Ganefri  Rektor UNP, Prof Ganefri dalam pidatonya pada Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis Ke-64, Selasa (23/10).

Lebih lanjut dikatakannya, penetapan tanggal 23 Oktober ini, memiliki makna historis sebagai momentum awal perjalanan eksistensi UNP, yang pada mulanya merupakan sebuah perguruan tinggi bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batusangkar, yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PP&K Nomor 35693/Kab. Tentang Pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru di Batusangkar, tanggal 16 Agustus 1954.

Ganefri memaparkan perjalanan eksistensi UNP sebagai salah satu universitas hasil kebijakan perluasan mandat (wider mandate) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) seluruh Indonesia, telah mendulang berbagai keberhasilan tentu tidak terlepas kerja penuh dedikasi dan profesional semua civitas dan para pendiri dan pendahulu UNP.

“Untuk itu, sudah sepatutnya kita semua mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, tentunya dengan penuh ikhlas kami sampaikan kepada para pendiri (founding fathers) UNP, yang telah membangun pondasi bagi pengembangan UNP sampai saat ini, sehingga UNP telah menjadi universitas yang unggul dan diperhitungkan di Indonesia,” terannya.

Selain itu, Ia menyadai bahwa selama 64 tahun ini, UNP telah dibantu oleh banyak pihak (yang berperan dalam kapasitas tugas dan fungsi masing-masing). Peringatan Dies Natalis yang ke-64 ini, mengambil tema: “Dies Natalis ke-64 Universitas Negeri Padang Menuju Global University”. ** Humas UNP/Agusmardi,

667 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*