Pelaku UKM Kab. Solok Ikuti Pelatihan Gelombang II

Bukittinggi, Editor.- Pemerintah daerah memotivasi wirausahawan dengan meningkatkan kualitas SDM UKM melalui pembinaan dan pelatihan, karena tanpa kita sadari dengan adanya para pelaku UKM ini sudah meningkatkan pertumbuhan  perekonomian di Kab Solok.

“Mari kita siapkan diri untuk bersaing dan mari kita manfaatkan fasilitas pemerintah dalam memajukan UMKM di Kab Solok,” kata Bupati Solok Gusmal saat membuka Pelatihan Pangan Industri Rumah Tangga (P-Irt) Bagi UKM Kab Solok Tahun 2017 Gelombang II di Hotel Grand Malindo Bukittingi, Minggu (14/5).

Lebih lanjut dikatakan, industri rumah tangga pangan (IRTP) adalah industri yang mengelola pangan yang bertempat di rumah tempat tinggal dengan peralatan manual hingga semi otomatis. Untuk menjaga keamanan, mutu dan gizi pangan yang di produksi maka IRT harus memiliki sertifikasi mutu pangan yaitu rangkaian kegiatan penerbitan sertifikat terhadap pangan yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Apabila IRTP telah memiliki SPP-IRT maka dapat diberkan izin industry rumah tangga pangan dari pemda untuk memulai kegiatan produksi dan dapat diperdagangkan.

“Saya berpesan kepada bapak/ ibuk pelaku UKM harus jeli dalam milhat target pasar, serta tingkatkan kemampuan karena saat ini dunia sudah sangat maju sekali dengan menggunakan internet saja orang sudah bisa menjual hasil produk mereka. Sering-seringlah berkonsultasi dengan Dinas Koperindag dalam rangka memajukan usaha kita,” pesan Gusmal.

Sebelumnya  Kabid Perindustrian Dinas Koperindag Kab Solok  Zulherius Esdey, SH dalam laporannnya menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan dan memfasilitasi IKM pangan dalam memperoleh sertifikasi produksi pangan industri rumah tangga (SPP-IRT) melalui penyuluhan/ sosialisasi P-IRT dan audit sarana produksi serta meningkatkan keamanan dan kehalalan dari produk yang dihasilkan.

Peserta berjumlah 35 orang yang terdiri dari UKM pangan yang ada di Kab Solok. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 14-16 Mei 2017. Narasumber untuk keigatan ini terdiri dari dinas kesehatan kab solok. Dinas koperasi, UKM, perindustrian dan perdagangan kab solok dan juga dari balai besar POM Prop. Sumatera Barat. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

1147 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*