100 Ton Beras CBP Siap Dibagikan Buat Gakin Kota Sawahlunto

Beras yang siap dibagikan.
Beras yang siap dibagikan.

Sawahlunto, Editor.- Seratus ton Cadang Beras Pemerintah (CBP) untuk keluarga miskin (Gakin) terdampak COVID-19 di Kota Sawahlunto yang bersumber dari  Kementerian Sosial RI, segera disalurkan. Beras ini akan dibagikan 5.000 Kepala Keluarga (KK) dan  masing-masing KK akan menerima 20 kg/KK.

Demikian siaran pers Kepala Dinas Sosial PMD-PPA Kota Sawahlunto Dedi Syahendry, SSTP, M.Si, Kamis (16/04/2020).

Sebelumnya, kata Dedi, berdasarkan Surat Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan  dan Jaminan Sosial RI Nomor; 457/3/BS.01.02/04/2020 tanggal 09 April 2020 yang menyatakan  CBP ini dapat disalurkan kepada masyarakat terdampak COVID-19 yang menurut pemetaan berada pada zona merah. “Kalau mengacu kepada syarat ini, maka CBP ini tidak dapat disalurkan. Karena Kota Sawahlunto tidak termasuk dalam pemetaan zona merah,” kata Dedi.

Mengingat situasi dan kondisi ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19 merata di seluruh wilayah Indonesia, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial RI merevisi pedoman penyaluran CBP dengan surat bernomor; 698/3/BS.01.02/04/2020 tanggal 15 April 2020, maka untuk Kota Sawahlunto dalam minggu depan sudah bisa disalurkan sesuai dengan data yang diberikan Pemerintah Desa dan Pemerintah Kelurahan.

Menjawab pertanyaan, Dedi menegaskan, masalah pemutakhiran data ini penting sekali agar tidak terjadi tumpang-tindih dalam menyalurkan berbagai bantuan. Misalnya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Provinsi Sumatra Barat masing-masing Rp200 ribu/rumahtangga/bulan dengan masa tenggang waktu 3 bulan untuk 1.995 rumahtangga di Kota Sawahlunto.

Ditambahkan Dedi, sebelumnya Pemerintah Kota Sawahlunto juga telah mengirimkan data untuk mendapatkan penyaluran BLT masing-masing Rp600 ribu/rumahtangga untuk 1.864 rumahtangga. “BLT ini langsung dikirim ke rekening Bank rumahtangga penerima atau melalui PT. Pos Indonesia, Tbk sesuai dengan data dan alamat yang diberikan,” kata Dedi.

Walikota Sawahlunto Deri Asta ketika dihubungi disela-sela kesibukannya Kamis (16/04/2020) menyatakan sangat lega dan mengapresiasi kinerja dan kerjasama tim OPD terkait dalam mengantisipasi setiap permasalahan yang timbul. “Terimakasih diucapkan kepada seluruh OPD dan Tim Posko Percepatan Penanggula,ngan COVID-19 Kota Sawahlunto yang telah bekerja maksimal dan penuh tanggunghawab,” kata  Deri Asta.

Ketua DPRD Kota Sawahlunto Hj. Eka Wahyu yang dihubungi menjelang pelaksanaan Sidang Paripurna Dewan melalui Teleconference Kamis (16/04/2020) menyatakan sangat terkesan dengan sistim kerja dan kerjasama yang terbangun antar-inter OPD di Kota Sawahlunto. “Kita berikan apresiasi yang tinggi dan rasa terimakasih atas sistim kerja dan jerih payah yang diberikan dalam mengantisipasi penyebaran dan dampak COVID-19 di Kota Sawahlunto,” ungkap Eka Wahyu.

Ungkapan senada juga disampaikan Kapolres Sawahlunto AKBP Junaidi Nur, SH, SIK yang menyebutkan koordinasi, singkronisasi dan kepedulian sesama sangat diperlukan dalam mewujudkan keterpaduan gerak menghadapi berbagai situasi di lapangan. “Disamping konsep penanganan yang bijak, semua komponen juga diharapkan mampu mengayomi situasi dengan sikap dan disiplin yang tinggi,” kata Junaidi. **  adeks – dinno – leo

613 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*