Perbaharui Bahan Ajar, Guru Kab. 50 Kota Diperkenalkan Teknologi Augmented Reality

Guru matematika Kab. 50 Kota saat pelatihan.
Guru matematika Kab. 50 Kota saat pelatihan.

Padang, Editor.- Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah yang dirancang menggunakan prinsip penampilan objek 3D (tiga dimensi) yang interaktif telah dikenal kalangan MGMP (Musyawarh Guru Mata Pelajaran) Matemateka se-Kabupaten 50 Kota untuk memperbaharui bahan ajar.

Hal itu terlaksana sebagai bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Padang (UNP) di bidang Matematika yang merupakan salah satu program tahunan dan diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI).

PKM UNP dibidang Matemateka di 50 Kota yang dipimpinn Dosen jurusan Matematika FMIPA UNP, Suherman, S.Pd., M.Si, Defri Ahmad, S.Pd., M.Si, dan Nurul Afifah Rusyda, S.Pd., M.Pd  dilaksanakan sebanyak5 kali pertemuan di Gedung Training Center (TC), Lima Puluh Kota, dan berakhir Kamis (3/10/2019).

“Pelatihan dan Workshop Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah selain melibatkan para Guru MGMP Matematika SMP Kab. Limapuluh Kota, juga melibatkan dua orang mahasiswa jurusanmatematika angkatan 2016 yaitu Afifah Zafirah dan Fardatil Aini Agusti,” jelas Suherman di Padang, Senin (14/10)

Pemilihan Kabupaten 50 Kota dengan alasan Kabupaten yang dipimpin bupati Irfendi Arbi ini karena Limapuluh Kota merupakan salah satu wilayah pusat pengembangan Pendidikan di Provinsi Sumatera Barat.

Setelah kegiatan ini selesai diharapkan guru matematika SMP yang terlibat dalam kegiatan ini mampu menerapkan ilmu dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasiss teknologi komputer” harap Suherman,

Lanjutnya menjelaskan, bahwa teknologi AR telah dirancang menggunakan prinsip penampilan objek 3D (tiga dimensi) yang interaktif dengan memanfaatkan teknologi berbasis AR (Augmented Reality).

Selain mampu memunculkan objek bangun ruang yang terdapat pada buku ke dalam bentuk objek 3D (tiga dimensi) berserta animasinya yang ditampilkan melalui aplikasi. Teknologi AR dalam matematika dapat diterapkan dengan menggabungkan antara penggunaan buku dan aplikasi pada materi Geometri khusunya bangun ruang. Salah satunya adalah aplikasi VirGo (Virtual Geometry) yang dirancang oleh Afifah dan Aini.

Adanya kolaborasi antara media pembelajaran dan teknologi  Augmented Reality merupakan salah satu upaya kreatif dan inovatif yang ditawarkan bagi peserta didik.

“Alhamdulillah melalui bimbingan pak Suhe, kami dapat menciptakan aplikasi VirGO (Virtual Geometry) dan diberikan kesempatan untuk berbagi ilmu dalam pengabdian ini,” tutur Afifah Zafirah saat ditemui.

Secara terpisah Defri Ahmad, S.Pd, M.Si menjelaskan bahwa luaran dari Program Kemitraan Masyarakat tidak hanya menghasilkan aplikasi AR, melainkan juga dapat membuat bahan ajar. Walaupun tidak muda lagi, guru-guru yang tergabung dalam kelompok MGMP Matematika Limapuluh Kota yang diketuai oleh Hendri, S.Pd, sangat antusias dan bersemangat dalam membuat objek 3D (tiga dimensi). ** Agusmardi/Humas UNP

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*