Humas Pemerintah Mesti Responsif Hadapi Isu-isu Negatif

Wagub Nasrul Abit didampingi Kabiro Humas, Jasman saat rakor.
Wagub Nasrul Abit didampingi Kabiro Humas, Jasman saat rakor.

Padang, Editor.- Humas memegang peranan sangat penting, apalagi terkait pemerintahan, karena merupakan  ujung tombak pembentukan citra positif pemerintahan, sehingga peranan humas sangat vital. Untuk itu aparatur humas agar meningkatkan analisis isu-isu pemberitaan yang berkembang untuk membantu pimpinan dalam menetapkan kebijakan pembangunan daerah.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat menjadi  keynote speaker pada Rapat Koordinasi (Rakor) praktisi humas se Sumbar di ruang rapat lantai II Kantor Gubernur, Kamis (10/10/2019).

Selain itu Wagub juga meminta Humas juga harus memperkuat sumber daya manusia aparatur dalam pemanfaatan kemajuan teknologi, sehingga lebih efesien efektif dan akurat data yang disampaikan, sehingga lebih berbobot untuk menyakinkan pimpinan  dan berharap, peranan humas ke depan di Era Industri 4.0 harus bisa mengikuti perkembangan teknologi, jangan hanya mengandalkan komunikasi konvensional saja tetapi harus dapat memanfaatkan sarana komunikasi baru.

Saat ini petugas humas dituntut untuk lebih aktif dalam menyebarkan informasi ke masyarakat melalui cara-cara yang efektif sesuai dengan perkembangan zaman. Humas juga harus responsif dalam menghadapi isu-isu negatif yang ada dimasyarakat

Nasrul Abit  juga menyampaikan, sebagai aparat Humas tidak terlepas dari opini publik, karena salah satu fungsi Humas adalah menciptakan opini publik yang memiliki good will (kemauan baik) dan partisipasi. Harus ada perimbangan dalam penyampaian informasi.

Lebih lanjut Wagub Sumbar juga menyampaikan, bahwa humas dalam menjalankan tugasnya mesti didukung tehnologi dan aplikasi pendukung kecepatan akses analisis, untuk mengantisipasi munculnya berita yang tidak benar untuk diredam.

“Oleh karenanya petugas humas dituntut harus bisa menguasai teknologi dan memahami tugas sesuai kode etik, sebab zaman digital ini semua serba cepat, dengan sedetik saja berita langsung muncul,” jelas Nasrul Abit.

Di  sisi lain Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Sumbar menjelaskan, Rakor kehumasan suatu kebutuhan mendesak untuk menjawab tantangan di era globalisasi. Aparatur humas dituntut menguasai tehnologi ditengah semakin terbukanya informasi publik melalui berbagai media sosial.

Menurutnya, Humas pemerintah, merupakan garda terdepan memberikan informasi pembangunan dan jalannya roda pemerintahan. SDM yang handal, kreatif dan inovatif suatu keharusan yang harus dimiliki.

“Masyarakat kita kerap disajikan dengan informasi yang belum tentu benar. Jika ini terjadi, humas harus mampu mengimbangi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ujarJasman.

Sebelumnya  Kepala Bagian Analisa Pemberitaan Humas Sumbar Zardi Syarif setelah pembukaan juga menyampaikan, humas itu harus mampu berikan informasi semua kinerja ke publik, baik kebijakan pimpinan maupun isu daerah.

Dalam penyampaian informasi pemerintah perlu strategi komunikasi ke publik, yaitu bisa meredam pemberitaan negatif yang terus menerus terhadap pemerintah, agar opini masyarakat tidak berlarut-larut dikendalikan oleh pemberitaan negatif.

“Untuk itu perlu dilakukan pembenaran informadi mengembalikan positif pemerintah, paling penting menghindari krisis akibat pemberitaan. Humas harus mampu bersahabat dengan media,” tuturnya. ** Humas Sumbar

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*