Pawai Alegoris di Payakumbuh Meriah

Pawai alegoris di Kota Payakumbuh.
Pawai alegoris di Kota Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- Sebanyak 126 kontingen  peserta Pawai Alegoris di Kota Payakumbuh berlangsung meriah dan sukses Senin,19/8.

Peserta pawai yang starnya dimulai dari Lapangan Kubu Gadang Payakumbuh Timur itu antara lain, dari siswa SD, SMP, dan SMA. Kegiatan pawai ini dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-74 di Pusat Kota Payakumbuh.

Pawai yang merupakan kegiatan rutin setiap peringatan HUT RI  itu, di lepas Asisten 1 Yoherman, didampingi  Kapolres diwakili kabag Ops Basrial, dan Kepala Dinas Pendidikan Agustion di Lapangan Paduan Kuda Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Arak-arakan dengan rute sepanjang 3 Km dari Lapangan Kubu Gadang menuju Tugu Adipura tersebut berlangsung meriah dengan semangat para siswa sekolah dalam menampilkan kebolehannya didepan panggung kehormatan. Puluhan ribu warga berduyun-duyun menyaksikan aksi dan kebolehan anak-anaknya dalam mewakili sekolah tercinta.

Arak-arakan pawai tersebut disambut oleh Walikota Payakumbuh diwakili Kepala BPDB Yufnani Away bersama Kepala Kesbangpol Budi Permana, Danramil 01/Pyk Joni Forta, Kapolres diwakili Kapolsek AKP Julianson, Kabag Protokoler Doni Prayuda, Kabag Kesra Ul Fakhri, Kabid PAUDNI Iswanto, Kabid Dishub Hidayatur Rusyda, Camat Nurdal, dan Camat. Kefrinasdi serta jajaran ASN Pemko lainnya di Bundaran Tugu Adipura depan Kantor Pos Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Pendidikan Drs. AH Agustion mengatakan Paskibraka Kota Payakumbuh berada di barisan depan memimpin pawai, dilanjutkan dengan barisan Drumband SD dengan nomor urut yang telah diundi sebelumnya, dan dibelakangnya ada rombongan SMP dan SMA.

“Barisan itu dibagi menjadi Barisan Bhineka Tunggal Ika, Barisan Pejuang Kemerdekaan, Barisan Masa Perang Kemerdekaan, Barisan Masa Kembali Ke Negara Kesatuan RI, Masa Pemerintahan Soeharto, dan Barisan Masa Reformasi,” terang Agustion.

Uniknya, dalam beberapa penampilan peserta pawai, ciri khas Tenun Balai Panjang muncul dan menjadi sorotan, dimana tenun kebanggaan Kota Randang itu dipakai oleh siswa untuk pakaian drumband, pakaian adat, serta pakaian pahlawanya. ** Yus

1415 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*