Dua Kedai Kayu Disamping Istano Basa Pagaruyung Ludes Terbakar

Kedai kayu di samping Istano Basa Pagaruyung, di Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar terbakar.
Kedai kayu di samping Istano Basa Pagaruyung, di Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar terbakar.

atusangkar, Editor.- Dua unit kedai yang terbuat dari kayu yang juga berfungsi untuk tempat tinggal  disamping Istano Basa Pagaruyung  Jorong Bali Janggo Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjuang Emas, sekitar pukul 11,40 wib saat masyarakat sekitarnya akan menunaikan Shalat Jumat 15 Oktober 2021 hangus dilalap si jago merah.

Pada saat itu warga bersama petugas pemadam kebakaran Pemkab Tanah Datar terpaksa  harus berjibaku memadamkan api yang membakar dua unit kedai kayu tersebut dan pada saat itu anginpun bertiup kencang disekitar kedai yang terbakar menyebabkan kobaran api yang membesar .

Kobaran api baru berhasil dipadamkan dua jam kemudian, dan seluruh bangunan kedai yang terbuat dari kayu yang mudah terbakar berukuran 300 x 45  meter persegi  tersebut beserta barang-barang di dalamnya ludes dimamah sijago merah.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut  tidak ada korban jiwa,adapun kerugian material lebih kurang Rp 300 juta  ujar  pemilik kedai dan rumah Elfrinelsi (48 tahun) yang  sehari-hari bekerja sebagai pedagang.Sedangkan   satu kedai lainnya  yang bersebelahan dengan kedai dan rumah Elfrineldi yang  dalam keadaan kosong menderita kerugian sekitar Rp50 juta.

Dalam memadankan kebakaran tersebut  langsung dipimpin oleh Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar Yusmen dengan kekuatan sebanyak 30 orang personel dan empat unit armada mobil pemadam kebakaran dari posko kota Batusangkar dan Posko Salimpaung sehingga dalam waktu yang tidak begitu lama api berhasil dipadamkan .

Sewaktu dikonfirmasi kepada  Yusmen tentang penyebab terjadinya kebakaran dia mengatakan, “Penyebab kebakaran sampai saat ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian namun dugaan sementara adalah diakibatkan korsleting listrik. Untuk itu kami mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati terhadap api yang berasal dari Kompor,Obat Nyamuk bakar  dan juga saat ini yang banyak menyebabkab kebakaran adalah akibat korsleting listrik” ujar Yusmen ** Jum

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*