Asimilasi PDAM dan PU Dalam Perbaikan Pipa Air di Kota Padang

Padang, Editor.- Program perbaikan pipa air oleh PDAM hendaknya dapat disinergikan dengan program perbaikan drainase di Dinas PU, sehingga pengerjaannya dapat dilaksanakan serentak. Baru-baru ini Dinas Pekerjaan Umum ( PU ) Kota Padang mempermasalahkan pembongkaran jalan aspal oleh pihak PDAM Padang.

Terkait hal tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kota Padang, Helmi Moesim yang membidangi Pembangunan dan Lingkungan Hidup meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Padang agar bersinergi dan berkoordinasi. Jangan sampai malah terjadi selisih paham terkait adanya galian beberapa jalan beraspal untuk perbaikan pipa air.

“Diakui, pemasangan ataupun perbaikan pipa air jadi tanggung jawab PDAM agar dapat mendistribusikan air secara maksimal pada masyarakat. Namun, hendaknya perbaikan itu dilanjutkan dengan mengaspal kembali jalan yang sudah dibongkar,” katanya Senin (14/11).

Namun disebutkan, janganlah sampai jalan umum yang telah digali untuk pendribusian pipa PDAM  dibiarkan berlubang begitu saja karena bisa mencelakai pengguna jalan. Namun, ia juga tidak bisa pula menyalahkan pihak PDAM karena pelaksanaan perbaikan pipa itu terkadang terkendala anggaran.

“Seharusnya, Dinas PU dapat melayangkan surat pemberitahuan ke PDAM setiap ada program perbaikan drainase, sehingga perbaikan pipa di lokasi yang sama-sama dilakukan atau pembongkaran jalan beraspal hanya sekali saja,”tegas Kader Golkar itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Program Dinas PU Kota Padang, Fadly Syahrial menyampaikan, pihaknya memahami penggalian jalan itu untuk menanamkan pipa air yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat. Namun, pembongkaran tanpa izin dan tidak memperbaiki kembali ialah suatu pelanggaran.

Ditambah lagi pengerjaan yang asal-asalan sehingga pekerjaan selesai juga tidak maksimal. Bahkan, ada jalan yang dibiarkan menganga setelah pekerjaan PDAM selesai.

“Kami berharap beberapa waktu ke depan ada perundingan antara PU dan PDAM agar dicapai kesepakatan tertentu,” ujarnya. **Arman/b

1333 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*