Walikota Sawahlunto Tinjau Pembatasan Selektif Desa Sikalang 

Sawahlunto, Editor.- Untuk menekan angka penyebaran Covid menyikapi hasil pemeriksaan SWAB test massal yang mendeteksi 1 orang warga positif Covid – 19, Pemerintah Desa Sikalang Kecamatan Talawi memberlakukan kebijakan Pembatasan Selektif terhadap arus keluar masuk orang dan barang di Desa tersebut.

Sebagai Apresiasi hal tersebut, Selasa (26/05/2020), Walikota Sawahlunto Deri Asta mendatangi pos perbatasan Desa. Peninjauan ini dilakukan Walikota guna mendengar laporan langsung dari Kepala Desa dan melihat situasi di perbatasan Desa Sikalang.

“Kita memberikan apresiasi terhadap masyarakat dan Pemerintahan Desa Sikalang. Sebab, memiliki kesadaran dan kepedulian tinggi dengan menerapkan Pembatasan Selektif. Memang kebijakan seperti ini yang sangat menentukan agar resiko penyebaran bisa kita tekan sekecil mungkin. Peninjauan ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah situasi di dalam masih kondusif, bagaimana ketersediaan stok pangan dan bahan keperluan masyarakat lainnya,” ujar Walikota .

Menjawab pertanyaan Walikota Sawahlunto, Kepala Desa Sikalang, Edi Narwin Daulay menjelaskan, untuk ketersediaan pangan di Sikalang masih mencukupi. Sebab untuk pedagang bahan makanan diperbolehkan berdagang di pos perbatasan dengan mematuhi protokol Covid – 19. “Pedagang yang membawa bahan pangan hanya kita kita perbolehkan hanya sampai pos perbatasan, nanti masyarakat kita datang untuk membeli. Tentunya aktifitas jual beli  teesebut harus sesuai protokol Covid – 19,” katanya.

Lebih lanjut Edi menambahkan, Untuk bahan kebutuhan – kebutuhan lainnya akan dipertimbangkan dulu di pos perbatasan apakah memang sangat dibutuhkan masyarakat. Bagi masyarakat yang bekerja diluar daerah Desa Sikalang untuk sementara diliburkan ” untuk masyarakat yang bekerja di luar akan kita berikan surat keterangan agar bisa sementara ini meliburkan diri di rumah saja. Namun,

jika ada kepala perusahaan/kantor tempat mereka bekerja bisa menjamin dan menjemput ke perbatasan maka kita toleransi,” tambahnya.

Sementara, seluruh masyarakat yang pernah mengalami kontak terutama kontak fisik dengan 1 warga Desa Sikalang yang positif Covid – 19 telah  menjalani SWAB test Selasa (26/05/2020) ini di BDTBT Kota Sawahlunto.

“Kita kembali melakukan SWAB test, kali ini khusus menyasar pada masyarakat yang pernah kontak dengan 2 orang yang pada pemeriksaan SWAB test massal kemaren terdeteksi positif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sawahlunto, Yasril yang turut mendampingi Walikota Deri Asta dalam peninjauan ke Desa Sikalang.

Sementara,  Kapolres Sawahlunto AKBP. Junaidi Nur yang hadir dalam peninjauan tersebut memberikan dukungan terhadap Pemberlakuan kebijakan Pembatasan Selektif ini.  “Kita siap memback – up pemberlakuan Pembatasan Selektif tersebut. Personel kita, terutama Bhabinkamtibmas dan jajaran lain yang berpatroli juga sudah mulai meningkatkan pengamanan di Desa Sikalang ini,” tegasnya. **Dinno/HMS

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*