Wali Kota Sawahlunto Terima Empat Piagam Penghargaan Dari Gubernur Sumatera Barat

Sawahlunto, Editor.-Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menerima Empat Piagam Penghargaan dari Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, di Hotel Pangeran Beach, Jalan Ir. H. Juanda 79 Padang Utara, Padang, Selasa (21/03/2023).

Empat Piagam Penghargaan terdiri dari :
1. Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Yang Telah Mencapai Target Penurunan Stunting Pada Tahun 2022 sesuai RPJMN 2020-2024

2. Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Dengan Tingkat Kemiskinan Terendah Di Indonesia Tahun 2022

3. Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Kategori Kota Terbaik III Kota Sawahlunto

4. Piagam Penghargaan Diberikan Kepada Pemerintah Kota Sawahlunto Atas Pencapaian Seluruh Pelaksanaan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender Tahun 2022 Pada Checkpoint Bulan Ketiga (B03), Bulan Keenam (B06), Bulan Kesembilan (B09) dan Bulan Keduabelas (B12) dengan hasil Sangat Memuaskan

Keberhasilan Sawahlunto di Tingkat Nasional dalam menurunkan Angka Kemiskinan itu kini diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan memberikan Piagam Penghargaan.

Gubernur Sumbar mengatakan, bukan pekerjaan yang mudah untuk mengendalikan Angka Kemiskinan itu, apalagi Sawahlunto meraihnya berturut-turut dalam Dua Tahun Terakhir.

Pada Tahun 2021 masih dalam situasi Pandemi COVID-19 yang menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi, tapi Kota Sawahlunto bisa menurunkan Angka Kemiskinan (2,38℅) menyisihkan 513 Kota/Kabupaten lainnya dan pada Tahun 2022, Sawahlunto sukses mempertahankannya dengan Penurunan Angka Kemiskinan menjadi 2,28 persen.

Keberhasilan Kota Sawahlunto dalam menurunkan angka kemiskinan itu turut berkontribusi dalam merealisasikan Visi Misi dan Program Unggulan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu Kota Sawahlunto juga menerima Piagam Penghargaan lainnya dari Pemerintah Provinsi Sumbar yakni, Penurunan Angka Stunting Tercepat, Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) dan Penghargaan Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender.

Walikota Sawahlunto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumbar telah mengapresiasi keberhasilan yang dicapai Kota Sawahlunto dengan Piagam Penghargaan.

“Kami persembahkan Penghargaan ini bagi seluruh masyarakat Sawahlunto dan semua pihak yang telah bekerja bersama dan terlibat dalam pencapaian tersebut,” ucap walikoto.

Walikota menyebut, untuk menjaga keberhasilan penurunan angka kemiskinan itu Pemerintah Kota Sawahlunto akan mempertahankan dan meningkatkan kebijakan dan program terkait penanggulangan kemiskinan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sampai Pemerintah Desa dan Kelurahan.

Memang kunci penurunan kemiskinan di Kota Sawahlunto itu adalah keterlibatan semua pihak dan program yang sinkron/sejalan dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi juga dengan Desa, Lurah sampai Dusun atau RT/RW.

Wali Kota mencontohkan, pada Pemerintahan Desa di Kota Sawahlunto telah diminta agar mengalokasikan APBDes minimal 10 persen untuk kegiatan ekonomi produktif masyarakat yang dapat membantu penanggulangan kemiskinan.

“Kami telah menyampaikan kepada Pemerintah Desa/Kelurahan untuk dapat mengurangi jumlah penduduk miskin di masing-masing Desa itu setidaknya sampai lima orang setiap tahunnya,” ucapnya

Disamping itu, komitmen Perlindungan Kesehatan pada masyarakat itu dilaksanakan Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dimana terhitung sampai Maret 2023 ini sudah 99,68 persen penduduk Sawahlunto yang terdaftar menjadi Peserta JKN.

Atas komitmen dan pencapaian UHC itu, Pemerintah Pusat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Sawahlunto dengan menyerahkan ‘UHC Award 2023’.

Penghargaan ‘UHC Award 2023’ itu diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin kepada Wali Kota Sawahlunto Deri Asta

“Sementara di tingkat OPD diminta untuk lebih intensif mendampingi dan mendukung Pemerintah Desa dalam pelaksanaan hal itu,” pungkasnya.**Leo

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*