WakoGenuis Umar, Pariaman Wacanakan Program  Data Keluarga Berdasarkan Geospasial

Wako Geius Umar saat memiimpin rapat.
Wako Geius Umar saat memiimpin rapat.

Pariaman, Editor.-  Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mewacanakan pendataan keluarga di daerah itu berdasarkan geospasial atau ruang kebumian guna mendapatkan data pasti terkait dengan kondisi warga dan lingkungan di daerah itu.

“Selama ini data berdasarkan sektoral (masing masing organisasi perangkat daerah atau OPD), semua data tersebut bisa disatukan dan disajikan dengan geospasial,” kata Walikota Pariaman, Genius Umar, Rabu (17/3/2021)

Ia mengatakan dengan geospasial tersebut pihaknya dapat memantau kondisi keluarga di Kota Pariaman langsung dengan bentuk dan kondisi rumah serta lingkungan sekitarnya melalui daring.

Pemerintah dan pihak berkepentingan lainnya dapat mengakses data keluarga warga di daerah itu baik bidang ekonomi, pendidikan, asuransi, serta data lainnya yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan.

“Data keluarga dibutuhkan bagi pemerintah untuk membuat keputusan untuk membuat program,” ujarnya

Program  ini  bisa saja pada bidang pendidikan, kesehatan, bedah rumah, penanggulangan kemiskinan serta program lainnya, kata dia.

Untuk  lanjutnya penyediaan data tersebut dilakukan dengan koordinasi sejumlah OPD terkait di Pariaman sehingga data yang disajikan lengkap.

Ia menyampaikan penyediaan data berdasarkan geospasial tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat karena saat ini Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana akan melaksanakan pendataan keluarga.

“Tadi saya sudah perintahkan OPD untuk langsung membuatnya agar data di Pariaman menjadi lebih terpadu,” Unkapannya

Data keluarga namun warga dapat mengakses geospasial dengan data terbatas guna menciptakan keterbukaan publik apalagi di dalamnya juga terdapat sarana publik.

Secara  geospasial tersebut dapat dilihat atap dan depan rumah warga serta sarana publik selain. Pengaksesnya dapat mengetahui terkait rumah dan sarana publik tersebut.** Afridon

231 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*