Usai “Basalin Baju”, Zoni Marjis Sah Jadi Datuak Rajo Imam Batuah

Prosesi Basalin Baju Datuak Rajo Imam.
Prosesi Basalin Baju Datuak Rajo Imam.

Muaro Labuah,  Editor.- Zoni Marjis Wali Nagari Pasir Talang Selatan kini sah menjadi Datuak Rajo Imam usai menjalankan Basalin Baju, yang sebelumnya  Wakil Mutalak hari ini di penuhkan menjadi Datuak, Minggu (29/05/2022) di kampung Palak Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.

Zoni Marjis Datuak Rajo Imam saat di wawancarai mengatakan, khusus di Sungai Pagu peran ninik mamak penghulu kaum adalah menjadi kunci dari segala penyelesaian  permasalahan. Untuk itu dengan kaum juga bermusyawarah untuk mengikuti segala urusan-urusan di kaum apakah itu dari sosial masyarakat.

“Kami selaku kaum Datuak Rajo Imam, ingin berbenah secara kaum kami. Ini adalah hal yang paling berharga bagi kami. Dan kedepannya berharap, dengan adanya basalin baju ini tentu saya selaku wakil mutalak yang sekarang sudah menjadi Datuak Penghulu akan lebih bisa lagi menetapkan atau memutuskan segala sesuatu permasalahan di suku dan kerapatan-keraparan adat lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan telah dilaksanakan Basalin Baju ini kami akan sailia samudiak, artinya, ka lurah samo manurun ka bukik samo mandaki, kailiah sarangkuah dayuang ka mudiak sahantak galah. tentu ini juga berpengaruh bagi lingkungan kami sendiri tentunya di daerah Pasir Talang ini. Adalah tanggung jawab seorang mamak bagai mana cara menyelesaikan permasalahan.

Kaum kami agar dapat mengimbangi dari kerjanya lembaga-lembaga dimasyarakat yang besar juga di pemerinta khususnya. Akan berpengaruh didalam menentukan Seperti di wilayah kita, sebagaimana sama-sama kita ketahui, dalam penentuan tapal batas kecamatan, ninik mamak memegang peran utama untuk penyelesaian sengketa-sengketa an tanah adat dan lain nya. Khususnya mengangkat marwah dan jatidiri unsur adat niniak mamak sebagai kepala kaum.

Dal hal yang sangat besar adalah bila , apakah itu alek atau kemalangan, lebih berbeda dari kebiasaan lainnya yang seharusnya amanah ini harus kita jalankan seperti sumpah adat kita, kabawah indak baurek  kaateh indak bapucuak di tangah-tangah di giriak kumban,tutup Zoni Marjis Datuak Rajo Imam. ** Susriati

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*