Ribuan Masyarakat Tanah Datar Padati Lapangan Gumarang Untuk Laksanakan Shalat Idul Fitri

Suasana Shalat Idul Fitri di Lapangan Gumarang.
Suasana Shalat Idul Fitri di Lapangan Gumarang.

Batusangkar, Editor.-  Tahun ini Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar Shalat Idul Fitri 1443 H perdana setelah dua tahun  akibat pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan dunia, penyelengaraan itu diikuti antusias masyarakat maupun perantau yang baru pulang ke kampung halaman, Senin (2/5) lapangan Gumarang, Batusangkar.

Ribuan masyarakat Tanah Datar memadati lapangan sepak bola Gumarang yang berdatangan dari  berbagai nagari yang ada di sekitar kota Batusangkar dan sangat disayangkan dalam pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Fitri kali ini puluhan masyarakat tidak bisa mengikuti Shalat dikarenakan  tidak ada ruang bagi mereka unttuk melakukan shalat diakibatkat lapangang Gumarang yang luasnya terbatas dan juga adanya pembangunan darainase ditepi lapangang yang minim pengaman dan bagi mereka yang tidak bisa shalat hanya terpaksa melihat orang shalat saja dipinggir lapangan.

Salah seorang perantau yang berasal dari Yokyakarta   warga nagari Baringin Iwan mengatakan, “Kita sangat bersyukur begitu antusianya masyarakat Batusangkar  mengikuti shalat hari raya Idul Fitri tahun ini  tapi yang sangat disayangkan tempat shalat  saat ini sangat sempit berbeda dengan di Lapangang Cindua Mato yang mana semenjak dahulu dijadikan tempat shalat hari raya Idul Fitri dan Idul Ahdha itu sangat luas kalau  penuh di lapangan shalat bisa dilaksanakan di jalan kantor bupati lama dan juga disamping GOR tapi itu sekarang tinggal hanya jadi kenangan bagi kami perantau,  apakah tahun depan kalau kami pulang kampung lagi bisa shalat Idul Fitri di lapangang Cindua Mato seperti dahulu lagi,“ ungkap Iwan sambil menatap lapangan Cindua Mato yang tertutup seng.

Bupati Eka Putra sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri dalam sambutannya mengatakan, “Shalat hari raya idul fitri ialah puncak rangkaian ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadan. Ini penyelenggaraan perdana setelah pandemi Covid-19. Semoga Allah SWT menerima ibadah yang telah kita lakukan, mengampuni segala dosa dan kesalahan kita, mengembalikan kita kepada fitrah di hari kemenangan ini.”

Lebih lanjut diikatakannya, pada kese4mpatan ini saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat datang bagi  para perantau telah sampai di kampung halaman dengan selamat untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.kita bersyukur di tahun ini pemerintah pusat telah mengizinkan mudik, karena angka penyebaran Covid-19 yang semakin menurun. Tentunya ini adalah berkah, kita berdoa semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga kita dapat kembali beraktifitas secara normal,

Kepada masyarakat Tanah Datar baik yang di ranah maupun di rantau yang telah  mendukung dan mensuport pemerintah daerah dalam membangun kampung halaman. saat ini, Pemerintah Daerah tengah berupaya dalam mewujudkan visi-misi kedepannya dengan mewujudkan Tanah Datar madani berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) sekaligus Wakil Bupati Richi Aprian mengatakan pihaknya  telah berupaya untuk merangkul seluruh masjid dan musala di sekitar Batusangkar untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 H di lapangan Gumarang.

Setelah beberapa kali melaksanakan rapat dan pertemuan akhirnya hanya tiga masjid yang memberikan dukungan penuh untuk Shalat di Lapangan Gumarang ini, yaitu Masjid Taqwa Parak Jua, Masjid Muhammadiyah, dan Masjid Amaliah.

“Alhamdulillah, meski begitu patut kita syukuri adalah tahun ini kita bersama bisa berkumpul dan diizinkan Allah untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri di Lapangan Gumarang ini,” ujar Richi Aprian.

Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi menyampaikan Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah dengan melandainya angka COVID-19, karena selama dua tahun umat muslim tidak bisa melaksanakan ibadah Idul Fitri bersama-sama.

“Semoga Allah SWT mencabut virus COVID-19 ini sehingga di tahun selanjutnya kita bisa mengikutinya secara bersama sama. Kami berterima kasih kepada pengurus PHBI Tanah Datar dengan terlaksananya Sholat Idul Fitri di lapangan Gumarang ini,” ujar Rony Mulyadi

Shalat Idul Fitri kali ini juga di hadiri  Forkopimda Tanah Datar, Bupati Tanah Datar Periode 2005-2010 M. Shadiq Pasadigoe, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dan Kepala OPD se Tanah Datar.**Jum

 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*