PUSKUD Provinsi Sumbar Melakukan Kunjungan dan Inventarisasi Aset di Kabupaten Pasaman Barat

Pasaman Barat, Editor.-Guna memastikan nilai tambah serta pemantaun sejumlah Aset Pusat, Koperasi Unit Daerah (PUSKUD) Provinsi Sumbar melakukan kunjungan dan inventarisasi aset di Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (27/12).

“Benar, hari ini kita melakukan kunjungan ke lokasi aset yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, yakni di Kecamatan Kinali. Ada dua titik lokasi dan gudang di simpang empat, ” ujar Ketua Puskud Sumbar Usman Ujang kepada Editor.

Ia mengatakan, kunjungan kali ini untuk mencari tahu secara langsung persoalan apa yang ada pada aset PUSKUD yang ada di Pasaman Barat terutama persoalan areal lahan yang berada di Kapunduang Kinali yang memiliki 3 Sertifikat Hak Milik (SHM).

“Secara kekuatan kita memiliki legalitas yang jelas, namun dilapangan ditemukan penguasaan fisik tanpa se izin PUSKUD Sumbar, dan ini yang akan kita inventarisasi serta akan kita carikan solusi agar areal lahan ini menjadi produktif nantinya,” katanya

Dikatakan nya, pada Kecamatan Kinali juga terdapat dua titik aset Puskud Sumbar disamping areal lahan sebanyak 3 persil SHM, aset lainya yakni satu unit Pergudangan di Kampung Pisang yang pada saat ini sudah produktif sewa gudang selama 10 tahun oleh perusahaan yang bergerak di tata boga produksi pangan jenis usaha roti.

Aset PUSKUD pergudangan yang ada di Simpang Empat saat ini juga telah menyumbang pendapatan bagi PUSKUD Sumbar oleh perusahaan BGR yang bergerak sebagai gudang Pupuk.

Ia menambahkan, artinya PUSKUD Sumbar optimis mencarikan bagaimana aset yang ada di sejumlah daerah tetap memberikan kontribusi produktif untuk PUSKUD Sumbar, di samping sebagai sumber pendapatan juga menjaga dan memelihara Aset agar tetap utuh dan produktif.

Sementara itu, Wakil Sekretaris PUSKUD Sumbar Defino Putra mengatakan, Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) Provinsi Sumbar menginventaris kembali persoalan – persoalan aset PUSKUD di daerah agar bisa nantinya memberikan nilai tambah untuk PUSKUD dan menjaga keutuhan aset agar tetap pada posisinya dan dimaksimalkan pengelolaanya.

Ini salah satu program kerja pengurus PUSKUD Sumbar memaksimalkan potensi sumber aset yang ada untuk kelangsungan PUSKUD kedepanya.

“Kami juga mendorong agar seluruh KUD – KUD yang ada di daerah kembali bergabung dengan PUSKUD Sumbar, ada sejumlah kegiatan maupun bisnis sama-sama saling menguntungkan, di samping sebagai wadah organisasi silahturahmi juga ada peluang-peluang bisnis yang mampu mendongkrak perekonomian anggota,” ucapnya

“Usaha lainya yang ditopang Puskud Sumbar diantaranya jual beli Semen Padang, pupuk, angkutan serta masih banyak unit usaha – usaha yang bisa sama – sama saling menguntungkan,” tutup Defino Putra mengakhiri pembicaraanya.**Buyung

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*