Pemko Sawahlunto Tinjau Bencana Tanah Longsor Pada Tiga Kecamatan

Sawahlunto, Editor.-Pemerintah Kota Sawahlunto langsung turun ke sejumlah titik longsor yang terjadi pada tiga Kecamatan di Kota Sawahlunto, pada Rabu (3/5/2023).

Pasca hujan deras yang terjadi pada Rabu dini hari itu, laporan sementara yang masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sawahlunto tercatat 19 titik longsor yang melanda akses jalan dan rumah warga.

“Untuk data sementara, titik longsor berada di Kecamatan Lembah Segar, Kecamatan Barangin dan Kecamatan Silungkang. Langkah penanggulangan yang dilaksanakan saat ini jajaran BPBD, Tagana, Pemerintah Kecamatan, Desa dan Lurah, serta unsur TNI-Polri sudah turun ke berbagai lokasi titik longsor tersebut,” kata Wali Kota Deri Asta, ketika meninjau Lokasi Longsor di Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar bersama Wakil Wali Kota Zohirin Sayuti.

Disebutkan Wali Kota Deri, dikarenakan titik longsor yang cukup banyak maka untuk penanganan dilaksanakan sesuai prioritas atau tingkat kerusakan dan resiko.

“Jadi kita menyesuaikan dengan kesediaan Peralatan dan Personel. Untuk yang tingkat kerusakan dan resikonya tidak terlalu parah, personel kita melakukan penanganan dengan bergotong royong bersama warga setempat,” ucap Wali Kota Deri.

Kemudian untuk penanganan lebih lanjut dari Bencana Tanah Longsor itu, disampaikan Wakil Wali Kota Zohirin Sayuti bahwa pada siang ini (Rabu 03 Mei 2023) akan dilaksanakan rapat bersama Perangkat Daerah terkait untuk membahas tindakan penanggulangan bencana tersebut.

“Kita menilai ada sejumlah titik longsor yang cukup parah sehingga membutuhkan penanganan terpadu. Untuk itu kita akan bahas lebih rinci pada rapat yang sudah kita jadwalkan pada siang ini usai kita turun melakukan peninjauan ke lapangan,” kata Wawako Zohirin Sayuti.**Leo/Prokopim

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*