Padang Panjang Juara II Lingkungan Bersih & Hijau Tingkat Sumbar

Padang Panjang, Editor.- Kelurahan Kotopanjang, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang meraih Juara-II lomba Lingkungan Bersih dan Hijau (Green and Clean Environment: GCE) 2018 tingkat Provinsi Sumatera Barat. Prestasi ini naik dari tahun sebelumnya, dimana Kotopanjang meraih Juara-III.

Atas keberhasilan itu Kelurahan Kotopanjang menerima hadiah uang tunai Rp 15 juta dari Pemprov Sumbar. Hadiah diterima oleh Lurah Kotopanjang, Ade Afdil dari Wagub Nasrul Abit pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUTRI) ke-73 di Gubernuran, Padang, Jumat (17/8).

Dalam mengikuti lomba GCE 2018 antar nagari/kelurahan seSumbar, Kota Padang Panjang tadinya mengutus dua kelurahan, yakni Kelurahan Kotopanjang, Padang Panjang Timur, dan Kelurahan Pasausang, Padang Panjang Barat. Hasil di Sumbar, Kotopanjang dapat Juara-II, Pasausang dapat Harapan-II.

Yang dinilai oleh tim dalam lomba ini menurut Ade adalah kebersihan dan tanaman hijau di wilayah kelurahan. Seperti di kawasan pemukiman, sekitar rumah ibadah, sekolah, kantor, jalan raya, termasuk jalan setapak, irigasi, sungai, bak sampah, dan adanya kegiatan bank sampah serta rumah kompos.

Kelurahan Kotopanjang, sesuai hasil evaluasi tim penilai dari Sumbar yang disampaikan kepada kita, sebut Ade, kelemahannya dalam penilaian ini karena belum punya rumah kompos. Insya Allah ini akan kita upayakan segera. Lagian rumah kompos ini juga perlu untuk menunjang budidaya pertanian dan tanaman hias.

Catatan Editor, Kotopanjang di segi penghijauan dan pertamanan juga akan mengalami peningkatan dalam waktu dekat. Sebab, pada Renja 2019 Dinas PU Kota Padang Panjang terdapat rencana pembangunan taman di sebagian tepi jalan lingkar selatan (panjang sekitar 250 meter) yang melintasi kelurahan ini. ** Berliano Jeyhan

1001 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*