Wisata Alternatif Sebagai Destinasi Wisata Sawahlunto

Oscar, wisatawan mancanegara berkebangsaan Spanyol beserta rombongan di mulut Gua Janjian.
Oscar, wisatawan mancanegara berkebangsaan Spanyol beserta rombongan di mulut Gua Janjian.

Sawahlunto, Editor.- “Pemerintah Desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) supaya bersinergi membuka objek-objek wisata yang akan menjadi destinasi wisata Kota Sawahlunto dan menjadi pilihan bagi pengunjung,“ penegasan ini disampaikan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, menjawab pertanyaan wartawan di kediamannya, Minggu (01/03/2020).

Seperti dicontohkan Deri Asta, kedatangan wisatawan mancanegara Oscar, berkebangsaan Spanyol beserta rombongan Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Padang, Jumat (28/02/2020), ini dampak promosi wisata alternatif yang dilakukan masyarakat Talago Gunung, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto.

Untuk pengembangan jangka panjang, wali kota menyarankan agar menyiagakan Perlindungan Masyarakat  (Linmas) untuk melakukan pengamanan objek wisata tersebut. Ini bertujuan mencegah terjadinya tindakan penyalahgunaan narkoba, minum-minuman keras, asusila serta perbuatan-perbuatan maksiat lainnya. Dalam mencegah daerah wisata yang berpotensi terjadinya bencana, ia menghimbau Kelompok Siaga Bencana (KSB) agar dapat melakukan pemantauan dilingkungan sekitar lokasi wisata, minimal 2 kali dalam seminggu.

Demi keselamatan wisatawan yang berkunjung ke Gua Janjian tersebut, Dinas Kesehatan Sawahlunto perlu melakukan pengecekan kadar oksigen yang terdapat didalam Gua. ”Saya juga menghimbau Dinas Kesehatan agar dapat mengukur kapasitas oksigen gua tersebut,” tambah Deri.

Usai masuk ke gua sedalam kurang lebih 60 meter itu, Oscar mengaku sangat senang dan tertantang menjelajahi seluk beluk Gua Janjian ini. Gua ini sangat bagus dan masih natural. Tolong jaga kondisi natural (alami) gua ini, karena itulah yang menjadi daya tariknya,” katanya.

Pembangunan inprastruktur, fasilitas memadai, biaya prosesi Linmas dan KSB dibebankan kedalam dana desa, tegas Deri Asta.**Adeks/Dinno

714 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*