Menpora Optimistis Pencak Silat Tembus Olimpiade

Jakarta, Editor.- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi optimistis cabang olahraga pencak silat dipertandingkan di Olimpiade. Hal itu disampaikan Imam saat membuka kejuaraan pencak silat di Asian Games 2018 di Pedepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (23/8) lalu.

Sementara itu Pencak silat menjadi cabang olahraga baru, pertama kali dipertandingkan sepanjang sejarah Asian Games. Cabang tersebut masuk atas permintaan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Sekarang pencak silat sudah ada di Asian Games, maka tidak berhenti disini, kita akan terus perjuangkan hingga pencak silat dipertandingkan di Olimpiade di masa-masa yang akan datang” sebut Imam optimis

Pencak silat perdana di Asian Games diikuti 16 negara, 167 pesilat, mempertandingkan 16 kategori yang terbagi 10 tanding dan 6 seni, dengan jadwal bertanding tanggal 23-29 Agustus 2018. Hadir dalam upacara buka gelanggang, Waketum KONI Suwarno, Bapak Pencak Silat Dunia Eddie Nalapraya, Waketum IPSI Edhy Prabowo.

Cabor handalan Indonesia untuk raih emas di Asian Games 2018, pencak silat, mempertandingkan 16 nomor. Terbagi menjadi 10 nomor untuk kategori putra dan 6 nomor untuk kategori putri.

Kategori putra terdiri dari nomor B (50 – 55 kg), C (55 – 60 kg), D (60 – 65 kg), E (65 – 70 kg), F (70 – 75 kg), I ( 85 – 90 kg), dan J (90 – 95 kg) untuk event tanding, dan tunggal, ganda, serta tim untuk event seni.

Sementara itu, kategori putri memainkan nomor nomor B (50 – 55 kg), C (55 – 60 kg), dan D (60 – 65 kg) untuk event tanding. Untuk event seni, kategori ini juga menampilkan nomor tunggal, ganda, dan tim.

Indonesia menurunkan 12 atlet putra dan 10 atlet putri. Tim Merah Putih optimistis bakal meraih gelar juara umum pencak silat, meskipun target yang ditetapkan pemerintah tidak sebanyak itu.
“Target dari pemerintah memang tiga emas, tapi kami tetap menargetkan juara umum. Untuk menjadi juara umum kita harus meraih enam hingga delapan emas,” ungkap pelatih kepala timnas pencak silat, Rony Syaifulloh . ** Wisja

1018 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*