Mantapkan Persiapan Pemilu 2019, KPU Tanah Datar Gelar Rakor

Bupati Indinansyah Tarmizi saat memberi pengarahan.
Bupati Indinansyah Tarmizi saat memberi pengarahan.

Batusangkar, Editor.- Rapat Koordinasi Pemantapan Pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2019 antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Datar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanah Datar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar dilaksanakan, Kamis (11/4) bertempat  di Gedung Dharmawanita  Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam arahannya mengatakan, waktu kita menyoblos, hari bergembira bagi seluruh warga Negara Indonesia bakal segera tiba. Untuk itu mari kita  sambut dengan bersuka ria, karena  pesta rakyat lima tahunan yang dikemas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan pesta demokrasi.

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan dan juga mensosialisasikan bahwa kita melaksanakan pennyoblosan adalah pada  tanggal 17 April mendatang. Ayo kita ke Tempat Pekungutan Suara (TPS), mari bersuka ria, tak perlu takut ke TPS, pemilu dijaga aparat TNI dan Polri,“ Irdinansyah Tarmizi.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga berharap agar pemilu di Tanah Datar berjalan aman, tertib dan lancar, walau potensi konflik itu tetap ada. Mari beramai-ramai ke TPS, kita tentukan pilihan masing-masing sesuai dengan  hati nurani, karena ini menyangkut nasib bangsa lima tahun kedepan. Jjaga ketertiban, kententraman dan keamanan, beda pilihan biasa namun menjaga persatuan dan kesatuan bangsa itu yang utama, harap Bupati.

Pada kesempatan tersebut,  Ketua Bawaslu Tanah Datar  juga mengharapkan agar Pemilu di Tanah Datar bisa berjalan Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber) serta jujur dan adil benar-benar terwujud, ibaratnya kebiasaan masyarakat Minangkabau yang badunsanak dan bermartabat.

Dia juga menyebutkan untuk personil pengawas dari tingkat kabupaten hingga nagari, yaitu untuk pengawas kabupaten sebanyak 30 komisioner, kecamatan 42 orang anggota, dan nagari sebanyak 75 pengawas nagari dan PTPS sebanyak 1.249 orang sehingga totalnya sebanyak 1.369 orang pengawas TPS.

Sementara untuk tenaga sekretariat kabupaten disebutkannya sebanyak 13 orang,  sekretariat dikecamatan 42 orang, sehingga total pengawas ditambah tenaga sekretariat dari kabupaten dan kecamatan menjadi 1.424 orang.

Terkait masalah pengawasan kampanye, berakhir Sabtu 13 April ini dan telah banyak yang dilakukan Bawaslu, baik pengawasan kampanye yang ber STTP  mendapat izin pihak kepolisian, maupun yang tidak mengantongi izin.

Dari data disampaikannya 162 yang ber STTP dan ada 28 kali dari peserta pemilu maupun calon legislatif yang tidak ber STTP atau mengantongi izin dicegah untuk berkampanye dan ada 6 kegiatan yang terpaksa dibubarkan.

Rakor jelang pemilu serentak tahun 2019 yang dilaksanakan oleh  Kesbangpol Tanah Datar dan dihadiri oleh Dandim 0307 Tanah Datar, Kasi Pidum Kejari Tanah Datar, Kabag Op Polres Tanah Datar, Komisioner KPU,  Asisten Setda Tanah Datar,Kepala OPD,Camat danb Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar. ** Jum

630 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*