Kota Sawahlunto Peroleh Hadiah 5 Miliar Dari Kementerian PUPR Dalam Melestarikan Kota Pusaka

Pj Wali Kota Sawahlunto, Dr. Zefnihan, AP, M.Si bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Pj Wali Kota Sawahlunto, Dr. Zefnihan, AP, M.Si bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Jakarta, Editor.- Kota Sawahlunto memperoleh ‘Hadiah’ senilai Rp. 5 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hadiah itu berupa Program Pembangunan Cipta Karya untuk Pelestarian Berkelanjutan Kota Pusaka (Heritage).

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Dr. Zefnihan, AP, MSi, mengatakan hadiah itu merupakan Apresiasi dari Kementerian PUPR terhadap Kota Sawahlunto yang dinilai memiliki Komitmen Jangka Panjang dalam Tata Kelola, Kelembagaan, Informasi, Edukasi, dan Promosi sebagai Situs Warisan Dunia.

“Alhamdulillah, Penghargaan tersebut telah saya terima langsung dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Peringatan Puncak Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia 2023 di Jakarta pada Senin 30 Oktober 2023. Kemudian untuk Apresiasi berupa Dukungan Program senilai Rp. 5 miliar akan dimasukkan pada Tahun Anggaran 2024”, kata Pj Wali Kota Zefnihan.

Pj Wali Kota Zefnihan menyebut Dukungan Program senilai Rp. 5 miliar tersebut sangat berarti bagi Pemerintah Kota Sawahlunto dalam menjalankan Komitmen mengelola Situs Warisan Dunia, apalagi di tengah keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota.

“Pemerintah Kota Sawahlunto membutuhkan Dukungan Pemerintah Pusat dalam mengoptimalkan Warisan Dunia UNESCO. Hadirnya dukungan dari Kementerian PUPR ini tentu berdampak positif, bisa menambah Pembangunan Fisik maupun Non Fisik sehingga nanti turut menambah Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Kota Sawahlunto”, kata Pj Wali Kota Zefnihan.

Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut Kota Sawahlunto setelah dinilai Tim dinyatakan berhasil menjaga Komitmen dalam melakukan Pelestarian Berkelanjutan terhadap Kota Pusaka atau Cagar Budaya.

“Kami memahami untuk memelihara Kota Pusaka membutuhkan Biaya Besar, jadi untuk Pemerintah Daerah yang memiliki kemauan untuk melakukan Pelestarian Kota Pusaka secara Berkelanjutan, maka Kementerian PUPR ikut mendukung,” kata Basuki. **Leo

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*