Hari Ini Pesilat yang Akan Ikut Pra PON Akan Dievaluasi

Pelatda berjalan pesilat Pra Pon Sumbar.
Pelatda berjalan pesilat Pra Pon Sumbar.

Padang, Editor.- Setelah menjalani pelatihan daerah (Pelatda) berjalan sejak dua bulan terakhir, hari ini, Minggu  (29/9) Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar akan mengevaluasi 27 orang pesilat yang mengikuti pelatihan untuk menentukan siapa yang akan ditetapkan untuk mengikuti pelatihan daerah penuh dan akan mewakili Sumbar pada Pra PON di Jakarta bulan November mendatang.

“Dipimpin Irmai Hendri, IPSI Sumbar sudah melakukan pelatda berjalan sejak dua bulan lalu, besok (hari ini-red) kami akan melakukan evaluasi,” kata Ketua Harian IPSI Sumbar, Rahmat Wartira didampingi Humas IPSI Sumbar Rhian D’Kincai saat ditemui di Taman Budaya Sumbar, Padang, Sabtu sore (28/9).

Dalam Pelatda berjalan itu, sebut Rahmat Wartira, ada 27 orang atlet yang ikut. Mereka dipersiapkan untuk mengikuti Pra PON yang akan diadakan di Pendopo Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMMI). Setelah evaluasi nanti, IPSI Sumbar akan menetapkan sebanyak 23 orang atlet baik putra putri untuk ikut Pra PON yang diadakan pada 12-17 November mendatang.

“Para atlet yang kami pilih nanti, akan turun pada beberapa kelas. Seperti untuk kategori putra, kami akan ikut di kelas B sampai Kelas i, sedangkan untuk kelas A putra tidak turun. Dan untuk kategori Putri akan turun di kelas B hingga F. Sementara untuk kelas A dan kelas Tunggal, Ganda dan Regu (TGR) tidak ikut serta,” jelas Rahmat Wartira lagi.

Seiring pelaksanaan Pelatda itu, Rahmat Wartira mengaku, dirinya bersama pengurus IPSI Sumbar juga sedang berusaha berkoordinasi dengan KONI Sumbar guna mendapatkan dana untuk bisa memberangkatkan atlet-atlet mereka untuk mengikuti Pro PON nanti.

“Soalnya Pra PON ini merupakan tiket bagi atlet-atlet kami untuk ikut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua yang akan dilangsungkan pada 20 Oktober sampai 2 November 2020 nanti,” terang Rahmat Wartira.

Dia menyebutkan anggaran yang dibutuhkan IPSI Sumbar untuk ikut Pra PON itu berjumlah Rp 360 juta. Dana itu digunakan untuk pakaian (kostum) kontingen IPSI Sumbar. Kemudian untuk suplemen para atlet, peralatan konsumsi, akomodasi, dan transportasi untuk 10 hari pelaksanaan

“Biaya itu kami hitung mulai dari persiapan keberangkatan kontingen hingga kembali ke Padang selatan mengikuti Par PON,” ulasanya. **Azl

1392 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*