Ditenggarai Dikerjakan Asal Jadi, Lobang Jalan Payakumbuh – Riau yang Ditutupi Menganga Kembali

Limapuluh Kota, Editor.- Kendati lobang lobang yang bermunculan di sepanjang jalan negara  Payakumhuh ke batas Sumbar – Riau telah ditutupi beberapa minggu lalu, sekarang lobang itu telah menganga kembali.

Hasil pengamatan media ini, pada beberapa titik di sepanjang jalan negara  Payakumbuh ke Pangkalan mulai dari kilometer 152 sampai kilometer 157 banyak lobang lobang bermunculan dengan ukuran bervariasi dari diameter 30 cm sampai 1 meter dengan ke dalaman 15 cm sampai 30 cm. Sehingga membahayakan bagi pengendara sepeda motor yang setiap saat bisa mengundang kecelakaan, terutama pada hari hujan, dimana lobang tersebut tidak kelihatan karena digenangi air. Sementara Bahaya terhadap kenderaan roda empat adalah kerusakan dan pecah ban.

Beberapa minggu lobang lobang itu telah ditutupi dengan aspal, tetapi ketika awak media ini melintasi jalan tersebut, Kamis (22/3), lobang lobang yang telah ditutupi itu sudah mengelupas, bahkan ada yang telah terbongkar kembali, sehingga lobang yang mengundang kecelakaan itu muncul kembali.

Buyung, warga yang tinggal di pinggir jalan yang banyak berlobang itu kepada media ini mengatakan, lobang yang ditimbun atau di tutup dengan aspal itu bertahan tidak sampai 3 minggu, karena kualitas pekerjaannya sangat kurang.

Dari pengamatan media ini ketika melintasi jalan itu, kelihatan permukaan aspal penutup lobang lebih rendah dari permukaan di sekitarnya. Sehingga saat hari hujan, air akan tergenang di jalan berlobang yang baru di tutup itu. Bila digilas kenderaan berat seperti truk truk besar bertonase 15 sampai 30 ton yang lewat ratusan buah setiap hari, aspal penutup lobang itu akan mengelupas. Dalam satu dua hari apalagi hitungan minggu, semua aspal penutup lobang itu akan terbongkar kembali karena aspal itu sangat rentan terhadap air. Apalagi intensitas hujan cukup tinggi akhir akhir di wilayah Pangkalan. Bila tidak cepat ditangani, maka jalan tersebut akan dipenuhi lobang lobang besar.

Satker penanganan jalan negara Payakumhuh sampai batas Sumbar yang akan dikonfirmasi Jum’at (23/3) di kantornya eks Cabdin Bina Marga di jalan Ade Irma Suryani Payakumbuh tidak berhasil ditemui.

“Bapak belum masuk, biasanya bapak langsung ke lapangan,” ujar petugas yang ada di kantor itu. **Yus

1467 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*