Diskoperindag Kab. Solok Beri Pengurus Koperasi Pelatihan Akutansi

Bupati Gusmal saat membuka pelatihan bagi pengurus dan pengawas koperasi di Kab. Solok.
Bupati Gusmal saat membuka pelatihan bagi pengurus dan pengawas koperasi di Kab. Solok.

Bukittinggi, Editor.- Jangan sampai ada kesalahan sistem dalam pengelolaan keuangan koperasi yang akan merugikan koperasi itu sendiri. Dari itu manfaatkan fasilitas yang ada di koperasi, seperti program simpan pinjam dan gunakan untuk kepentingan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota dan masyarakat.

Hal itu ditegaskan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM pada pembukaan Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi dKabupaten Solok Tahun 2019, bertempat di Hotel Grand Malindo Bukittinggi, Minggu (31/3).

Lebih lanjut dikatakan, diharapkan semua anggota koperasi mampu membuka usaha masing-masing dan menjadikan koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa. Dari itu seluruh lembaga terkait dan pemerintah berperan aktif membina dan memperhatikan perkembangan koperasi untuk kemajuan daerah.

“Bentuk pengurus koperasi yang aktif dan bertanggungjawab dan wujudkan sistem administrasi koperasi yang baik dan jelas,” pesan Gusmal.

Sebelumnya ketua pelaksana kegiatan yang juga Kepala Dinas Koperindag, Nasripul Romika, S.Sos menjelaskan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas SDM,  khususnya pengurus dan pengawas koperasi di wilayah Kab. Solok mengenai sistem akuntansi koperasi.

“Diharapkan pengurus mampu menyelesaikan laporan keuangan tepat waktu sehingga dapat melaksanakan RAT tepat waktu dan mampu membuat terobosan serta inovasi dalam pengembangan koperasi yang dikelolanya,” kata Nasripul.

Pelatihan diikuti oleh 40 orang (23 orang dari pengurus dan 17 orang dari pengawas koperasi, selama 3 hari.

“ Saat ini koperasi yang ada di Kab. Solok  berjumlah129 buah namun hanya 79 koperasi yang aktif dan selebihnya dalam upaya di aktifkan kembali,” jelsa Naripul.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, Kadis Koperindag Kab. Solok, Nasripul Romika, S. Sos, Kabag Pembangunan Setda Kab. Solok, Syaiful, ST dan Narasumber dari UPTD BPLK Prop. Sumbar, Ir. Syafinal dan pengurus koperasi yang ada di Kab. Solok.** Rhian/Doni/Hms                                                                            

1096 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*