Dato Anwar Ibrahim Terima Anugerah Doktor HC Dari UNP

Padang, Editor.-  Universitas Negeri Padang (UNP) Senin 29 Oktober 2018  memberikan gelar kehormatan Doktor Hanoris Cauca (HC) di bidang politik pada program studi Ilmu Pendidikan kepada Mantan Perdana Menteri  Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim. Pengukuhan gelar ini dilakukan dalam rapat Senat terbuka di Gedung Auditorium UNP Padang.

Ketua tim promotor Fahmi Idris mengatakan, dasar pemberian Doktor HC kepada Anwar Ibrahim setelah dia melihat rekam jejaknya dalam dunia politik yang bisa dijadikan contoh oleh generasi muda. Perjuangan beliau memberikan pendidikan politik, sehingga inilah yang menjadi dasar untuk memberikan gelar Dr HC kepada Anwar Ibrahim

Selain dari itu, menurut Fahmi Idris mengacu kepada Karya, prestasi kesabaran dan keteladanan yang telah beliau tunjukkan, dengan bangga tim promotor Universitas negeri Padang mempromosikan Dato Seri Anwar untuk memperoleh gelar Dr Hanoris Causa dalam bidang pendiikan politik ujar Fahmi Idris.

Sementara itu menurut Prof Mestika Zet,  Dato Seri Anwar adalah sebuah buku terbuka yang belum semuanya ditulis. Rektor UNP orang yang cepat belajar dan menangkap momen ini sebagai suatu poin untuk sebuah pendidikan politik untuk  anak bangsa, beliau adalah inspiring leader Asia tokoh yang menjadi inspirasi dan panutan di Asia .

Rektor UNP Padang Prof Genfri P.Hd dalam sambutan menyampaikan, UNP memberikan gelar Dr HC Kepada Dato Seri Anwar Ibrahim setelah dia berkonsultasi dengan Fahmi Idris yang mengatakan, Dato Seri Anwar Ibrahim  adalah pengagum orang Minang. Beliau adalah pengagum  pendiri pendiri bangsa  yang berasal dari  Sumatera Barat, khususnya Ranah Minang.

“Dalam waktu dekat UNP  akan membangun satu pusat Informasi perpustakaan termegah di Sumatera,” kata Ganefri.

Pada ksempatan tersebut Gubernur Sumbar Irwan prayitno juga menyampaikan, penghargaan ini akan dijadikan contoh oleh kita yang hadir, khusunya para generasi muda tentang pendidikan politik yang diberi oleh UNP kepada Dato Seri Anwar Ibrahim. Pendidikan politik yang dimaksud adalah bagai mana  Dato Seri sebagai politisi, telah mengamalkan teori teori politik yang benar, telah mengamalkan teori teori politik yang ada didalam buku kedalam kehidupanya sebagai seorang  politisi .

Dato Seri adalah seorang reformis pejuang yang yakin dengan perjaungannya, juga sabar dalam mengahdapi fitnah dan penzoliman pada dirinya, Beliau menderita tapi beliau pejuang demokrasi menerima perbedaan, menerima suatu kenyataan, tetap berjuang tanpa ada dendam dan bahkan memaafkan, ujar Irwan Prayitno .

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan juga menyampaikan, jika saya diminta untuk menyebutkan satu kata yang paling cocok untuk Anwar Ibrahim, saya akan menyebut kata istiqomah Konsiten. Dalam karir politiknya terdapat perjuangan yang luar biasa, keluar masuk penjara sudah menjadi hal biasa baginya. Tuduhan yang membuatnya masuk penjara bisa membunuh kraternya dan menjatuhkan mentalnya juga keluarganya, namun Dato Anwar tetap tegak menghadapi semua yang dialaminya .

Kekuatan Dato Anwar ini ditopang oleh  lima hal, tiga dari dalam dirinya dua dari luar dirinya. Pertama idealismenya  terus membara dan Dato Anwar adalah cendikiawan muslim yang dikenal  dengan gagasan gagasannya yang cemerlang. Diantaranya masyarakat Madani, itu adalah gagasan Dato Anwar Ibrahim, ujar Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan juga mengatakan, kesederhanaan Dato Anwar Ibrahim tidak pernah berubah yang sejak dulu tampak sebagai politisi yang sangat bersahaja. Kesederhanaan dan kebersahajaan yang alamiah tidak dibuat buat tanpa polesan dan jauh dari pencitraan.

Acara penganugerahan Gelar ini dihadiri oleh Mantan Presiden ke 5 Ibu Megawati Sukarno Putri, Ketua DPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Osman sapta Odang, para Rektor dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera  dan Malaysia, Ketua DPRD Sumbar Ir Hendra Irwan Rahim, Fahmi Idris ,anggota Muspida Provinsi Sumatera Barat dan undangan lainya.

Kuliah Umum di UNP

Sebelumnya,  Sabtu (28 /10), Dato Seri Anwar Ibrahim, juga   menyampaikan kuliah umum di UNP Padang. Acara ini juga dihadiri oleh Civitas akdemika UNP Padang , Gubernur Sumbar Irwan Parayitno, Ketua DPRD Sumbar, Anggota DPD RI  H Leonardy Harmaini,  Tokoh Masyarakat Minang  Fahmi Idris dan undangan lainnya.

Dato Seri Anwar Ibrahim dalam kuliah umumnya dihadapan ribuan  Mahasiswa UNP Padang mengatakan, ada yang istimewa di Ranah Minang ini yang menyebabkan Ranah Minang mampu melahirkan tokoh tokoh besar. Seperti Moh. Hatta, Muhammad Yamin, Muhammad Natsir, Sutan Sahrir, sastrawan ulung Abdul Muis, Ulama Besar Hamka dan sejumlah tokoh lainnya.

Menurut dia seharusnya hal ini menjadi pertanyaan besar bagi generasi Minangkabau saat  ini, apalagi saat ini tokoh tokoh minang mulai berkurang di level nasional.

Dia mengutip Pemikir Prancis Roger Garaudi yang mengatakan, untuk mengenang jasa para tokoh tokoh itu, generasi muda harusnya menyemarakkan semua semangat dan Ilmu mereka.

Rektor UNP Padang Prof Ganefri dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran Dato Seri Anwar Ibrahim dimanapun di Indonesia selalu disambut  dengan meriah, baik di Jakarta maupun di Sumatera Barat. Sekarang Dato Anwar Ibrahim menjadi Anggota Parlemen  dari Negeri Sembilan yang  pada umumnya merupakan keturunan orang Minang.

“Mudah-mudahan Dato Anwar Ibrahim diberikan kesehatan dan kesempatan untuk memimpin malaysia kedepan dengan perjauangan yang panjang,  dan tidak melupakan Ranah Minang ini, “ujar Ganefri .

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada kesempatan ini juga menyampaikan kepada mahasiswa. mungkin banyak yang tidak kenal dengan perjuangan Dato Seri Anwar Ibrahim. Beliau adalah tokoh reformasi , pernah menjadi Wakil Perdana Menteri, bahkan sudah banyak menjadi menteri, menteri Pendidikan, Menteri Keuangan, Menteri Pemuda dan Menteri Budaya di Malaysia.

Menurut Irwan Prayitno, istilah Madani adalah kata  yang dikeluarkan dari mulut Dato Seri Anwar Ibrahim dan misi Sumatera Barat adalah mencapai masyarakat Sumbar  yang Madani ** Herman

857 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*