Bupati Pasaman Resmikan Rumah Sakit Pratama di Padang Gelugur

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menandatangani prasasti pemersmian RS Pratama Padang Gelugur.
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menandatangani prasasti pemersmian RS Pratama Padang Gelugur.

Lubuk Sikaping, Editor.- Bupati Pasaman, H. YusufLubis resmikan pengoperasian Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman, Senin (25\3). Rumah sakit ini merupakan yang kedua di wilayah Pasaman bagian utara.

Peresmian Rumah Sakit kelas D ini tampak dihadiri, Wakil Bupati Atos Pratama, Ketua DPRD Yasri, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Walinagari dan para Kepala Puskesmas.

Bupati PasamanYusuf Lubis mengatakan, pendirian rumah sakit itu lahir dari sebuah kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang lebih dekat dan lebih baik.

“Hal ini lah yang mendasari pemerintah daerah menetapkan lokasi Rumah sakit  Pratama di Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur. Diatas lahan seluas 3 hektar.Jadi masyarakat bagian Keberadaan RS Pratama itu menjadi pelayanan kesehatan yang tanggap, tepat, cepat dan sehat bagi masyarakat. Dan dapat di manfaatkan dengan optimal.

Pembangunan Rumah Sakit Pratama itu, kata Bupati, merupakan salah satu target dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk periode 2016-2021.

“Beroperasinya RS Pratama ini, membuktikan kita telah mampu merealisasikan visi misi sesuai RPJMD pada tahun keempat kepemimpinan kami, Yusuf Lubis-Atos Pratama,” katanya.

Rumah Sakit Pratama di Pasaman dibangun pada tahun 2017 lalu bersumber dari dana Dana Alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 13,4 miliar dan sudah dilengkapi dengan peralatan kesehatan lainnya seperti Pagar Paving Blok Pos Satpam, dan rencana pada tahun 2019 ini pihaknya akan, Incenerator, Apotik, Ambulan dua unit, membangun Ipal ,Tower Air dan rumah dinas. Rumah sakit ini berkapasitas 50 tempat tidur. Dan, mulai dikerjakan pada 30 Agustus 2017.

Apabila sudah di resmikan, Rumah Sakit ini dilengkapi 10 ruang rawatan ,dua taman, ruang radiologi ,ruang operasi, genset 250 PK, alat-alat kesehatan lebih baru beserta fasilitas ruangan pendingin seperti Full ac.

Bupati berpesan kepada instansi yang hadir dalam peresmian, agar personel di Rumah Sakit Pratama itu melayani dengan ketulusan hati. Melaksanakan tugas  itu harus loyalitas, disiplin, mementingkan pasien di atas kepentingan pribadi. Pelayanan kepada masyarakat khususnya di bagian utara kabupaten Pasaman harus selalu memberi rasa kepuasan tanpa harus di rujuk ke RSUD Lubuk Sikaping.

“Kepada masyarakat, Ia meminta agar keberadaan rumah sakit itu dimanfaatkan dengan baik dan lebih efektif. Sekaligus dijaga keberadaannya penuh rasa memiliki,” kata Bupati.

Dalam peresmian pengoperasian tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Amdarisman mengatakan, untuk tahap awal rumah sakit itu akan didukung 38 tenaga kesehatan. Terdiri dari, 3 dokter, 1 dokter gigi, 19 perawat, 6 bidan, , 2 petugas radiologi, 2 anastesi ,1 perawat gigi ,1 asisten apoteker,1 Nutrisionis dan1 pranata laboratorium kesehatan

Untuk saat ini rumah sakit pratama yang sudah dibangun di Pasaman merupakan rumah sakit pratama kedua dari tiga rumah sakit pratama yang ada di Provinsi Sumatera Barat yakni tahun 2016 lalu di Tapan, tahun 2017 Pasaman, 2018 di Pasaman Barat,” jelas Amdarisman. ** Fajri

1291 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*