54 orang Calon Paskibraka Bukittinggi Memasuki  Pemusatan Latihan Tahap II

Kadisparpora Bukittinggi pimpin apel pemusatan latihan tahap II Paskibraka Bukittinggi.
Kadisparpora Bukittinggi pimpin apel pemusatan latihan tahap II Paskibraka Bukittinggi.

Bukittinggi, Editor.- Setelah melalui pemusatan latihan tahap pertama pada 1 hingga 9 Agustus 2022 lalu, dilanjutkan dengan pemusatan latihan tahap II sejak 11 hingga 18 Agustus 2022 mendatang.

Hotel Bagindo ditunjuk sebagai Desa Bahagia, tempat pemusatan latihan bagi 54 calon Paskibraka Bukittinggi. Pemusatan latihan tahap II yang biasa dikenal dengan tantingan, dimulai 11 hingga 18 Agustus 2022 mendatang.

Menurut Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Bukittinggi, Nenta Oktavia, melalui Wakil Ketua, Riki JP, mengatakan, kegiatan ini merupakan Diklat Tahap 2 bagi calon anggota Paskibraka, merupakan lanjutan,   setelah dilaksanakan latihan tahap I yang mulai 1 hingga 9 Agustus 2022,lalu.

“ Materi Pada Diklat ini, Capaska dilatih percaya diri, mencintai bendera, wawasan nusantara dan bagaimana menjadi contoh yang baik bagi teman temannya. Kita juga melatih mereka untuk menjadi seorang yang mandiri dan bertanggung jawab. Latihan fisik tetap, tapi lebih kepada bagaimana cara mengatasi dan menempatkan diri di lingkungan. Intinya, bagaimana mereka dituntut untuk mandiri, berkarakter, beradab dan berakhlak,” katanya.

Riki JP, menambahkan, empat capaska Kota Bukittinggi, terpilih untuk mewakili Bukittinggi sebagai pengibar bendera saat upacara bendera di Provinsi Sumatra Barat.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, melalui Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga, Hendry, saat memimpin apel, menyampaikan, tugas sebagai paskibraka merupakan tugas negara. Ini amanah yang diberikan Pemko kepada calon anggota Paskibraka.

“Menjadi Anggota Paskibraka, merupakan salah satu wujud cinta pada bangsa dan negara. Bagaimana, capaska memiliki loyalitas tinggi untuk mengabdi pada negara, khususnya Kota Bukittinggi, dalam mewujudkan Kota Bukittinggi Hebat berlandaskan Adat Basansi Syara’Syara’ Basandi Kitabullah,” ungkap Hendry.

Lebih lanjut Hendry menjelaskan, pada zaman perkembangan teknologi saat ini, sudah saatnya potensi pemuda dikembangkan. Menjadi pengibar bendera pusaka merah putih, menjadi salah satu media menanamkan wawasan kebangsaan dan semangat cinta tanah air.

“Nantinya, Paskibraka Bukittinggi akan membawa Bendera Duplikat Pusaka. Bendera duplikat pusaka itu hanya ada 3 di Indonesia, yaitu di Jakarta, Yogyakarta dan Bukittinggi. Hal ini karena tiga daerah itu pernah menjadi Ibukota Indonesia. Makna yang terdalam, tentunya bagaimana generasi muda dan seluruh calon anggota paskibraka dapat menjaga keutuhan negara Indonesia,” harapnya.** Widya

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*