Bupati Padang Pariaman Hadiri Pengukuhan Gelar Tuanku di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Gadur

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menerima salam penghormatan dari tuangku yang akan dikukuhkan gelarnya.
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menerima salam penghormatan dari tuangku yang akan dikukuhkan gelarnya.

Gadur, Editor.– Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM menghadiri Pengukuhan Gelar Tuanku dan Ustadzah serta pemberian ijazah lulusan Aliyah, Tsanawiyah dan wisuda Tahfidz di Pondok Pesantren  Nurul Yaqin Korong Padang Bungo Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung, Sabtu (4/11).

Terlihat mendampingi Bupati, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Armen Rangkuti, SE, MM, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Padang Pariaman Plt. Kasubag TU Epi Mayardi Tk. Mulia, M.Ag, Kepala KUA Lubuk Alung Yusra Amir, S.Ag, mewakili Camat Enam Lingkung Yusri Rizal, S.Sos, MM, KUA Enam Lingkung, dan Wali Nagari Gadur bersama perangkatnya.

Menurut Kakan Kemenag yang disampaikan Epi Mayardi, saat ini pondok pesantren menempati posisi yang sangat strategis, karena pemerintah memberikan perhatian penuh dan fokus kepada pondok pesantren.

Pemerintah pusat meyakini bahwa Pondok Pesantren dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat khususnya para santrinya. Untuk itu, pemerintah melalui kementerian terkait memberikan bantuan stimulan dan program peningkatan kemandirian kepada seluruh pondok pesantren yang ada di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Suhatri Bur mengucapkan selamat kepada para tuangku dan ustadzah yang dikukuhkan, semoga dapat mengembangkan dan menyebarkan ilmu yang diperoleh selama belajar di pondok pesantren.

“Pengukuhan gelar hari ini bukanlah akhir dari perjuangan menimba ilmu agama, melainkan awal untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan dan ilmu agamanya di manapun berada. Selanjutnya menyampaikan ilmu yang diterima akan disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat dalam menegakkan dan mensyiarkan agama Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah,” tutur Bupati Suhatri Bur.

Bupati Suhatri Bur menambahkan, Pemkab Padang Pariaman memfokuskan pembangunan sumber daya manusia melalui bantuan pengembangan pondok pesantren serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

“Terkait belum adanya asrama putri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Gadur, Bupati Suhatri Bur akan mengalokasikan dana pembangunan asrama dalam APBD 2023. Karena saat ini APBD 2022 sudah final dan ditetapkan penggunaannya, kalau dana mencukupi, bisa ditampung pada APBD perubahan tahun 2022,” ujar Suhatri Bur.

Diketahui, Pondok Pesantren Nurul Yaqin didirikan Syekh H. Ali Imran Hasan (almarhum) di Korong Ringan-Ringan Nagari Pakandangan, memiliki 24 cabang yang tersebar di berbagai nagari dan di dalam dan di luar Padang Pariaman.

Saat ini, Pondok Pesantren Nurul Yaqin Gadur dipimpin Buya Husni Thamrin Tk. Labai Samad, S.Pd.I.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Aprinal Tk. Khatib Tanameh, S.Pd.I melaporkan, jumlah santri dan santriwati Pondok Pesantren Nurul Yaqin Gadur 95 orang, yang dikukuhkan pada hari ini 5 orang tuanku dan 1 ustadzah setingkat aliyah. Untuk lulusan tsanawiyah yang menerima Ijazah sebanyak 16 orang dan wisuda Tahfidz sebanyak 10 orang. ** Rafendi/Prokopim

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*