Warung Paman di Limapuluh Kota Satu Satunya di Indonesia

Gusdian Laura S.Km Kadis Panhan Limapuluh Kota.
Gusdian Laura S.Km Kadis Panhan Limapuluh Kota.

Limapuluh Kota, Editor.- Dinas Pangan Kabupaten Limapuluh Kota membuat inovasi yang tidak ada duanya di tanah air, yaitu warung “Paman” (Pangan Mandiri).

Pembuatan Warung Pangan Mandiri (Paman) itu difasilitasi oleh Dinas Pangan dan pangan yang dijual di warung itu di isi oleh kelompok masyarakat dan kerjasama dengan suplayer grosir untuk barang pabrikan, ujar kadis Pangan Limapuluh Kota Gusdian Laura S.Km dalam Percakapan dengan media ini kemaren di ruang kerjanya.

Dikatakannya, untuk tahun ini telah dibangun dua buah Warung Paman tersebut, masing masing di Bukik Sukumpa Nagari Halaban dan di  Nagari Tanjuang Bungo Suliki.

Menurut Gusdian Laura, warung Paman itu di kelola oleh kelompok dengan sistem barter, petani membawa sayur dan hasil pertanian lainnya ke warung, warung menampung hasil pangan masarakat itu,lalu mereka bisa mengambil kebutuhan pangannya di warung tersebut.

Munculnya inovasi yang tidak ada duanya di tanah air ini, karena keprihatinan kepada para petani yang selalu menghadapi masalah dalam pemasaran hasil pertaniannya.

Masalah utama yang di hadapi petani selama ini masalah pemasaran. Bukannya petani itu tidak nau memanfaat lagan tidur dengan menanam sayuran,bujannya mereka tidak mau beternak ikan dan tanaman sayur lainnya,tetapi harena pemasaran dan distribusi tidak lancar  itu yang membuat petani jadi enggan menanam sayur atau beternak ikan.

Dengan adanya warung Paman itu, tiga aspek masalah pangan akan teratasi. Mulai dari aspek, penyediaan, aspek pemasara, Aspek kebutuhan pangan, aspek distribusi,dan aslek konsumsi  akan terpenuhi di warung Paman tersebut, jelasnya.

Kadis Pangan dan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi saat meresmikan Warung Paman itu beberapa waktu lalu mengharapkan peranan Nagari untuk memperkuat keberadaan Warung Paman tersebut dengan membantunya untuk memlerkuat permodalan dengan dana nagari. Warung Paman ini bisa jadi Bumnag ,tambah Gusdia Laura. ** Yus

1137 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*