Wabub Yulfadri Nurdi Buka Bursa Inovasi Desa/Nagari Kabupaten Solok

Wabup Yulfadri Nurdin saat memberi sambutan.
Wabup Yulfadri Nurdin saat memberi sambutan.

Batu Batupang, Editor.- Pemerintah Kabupaten Solok mengapresiasi inisiatif baik yang telah dilakukan oleh masyarakat desa. Proses ini dapat dimanfaatkan sebagai pertukaran pengalaman dari satu nagari ke nagari lainnya, sehingga tumbuh semangat untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pembangunan desa.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdi, SH dalam sambutannya pada pembukaan  Bursa Inovasi Desa/ Nagari Program Inovasi Desa Kabupaten Solok di Sport Hall Gor Batu Batupang, Selasa (30/7).

Lebih lanjut dikatakan Wabup, program ini juga bertujuan untuk menjembatani kebutuhan masyarakat desa sekaligus sebagai sarana penyelesaian masalah dalam penggunaan dana desa agar sesuai peruntukannya.

Bursa Inovasi Desa adalah program untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa serta merevitakisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

“Dengan adanya Bursa Inovasi Desa ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara nasional dan partisipatif,” kata Yufadri Nurdin.

Sebelumnya ketua pelaksana Ilyas Yadi menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif. Kegiatan ini bertema ‘Peluang Desa Untuk Berinovasi Kini Lebih Terbuka Dengan Adanya Dana Desa Manfaatkan Dana Desa Dengan Lebih Bijak, Kreatif Dan Inovatif’.

“Peserta Bursa Inovasi Desa ini terbagi dari tiga cluter dari 14 kecamatan di Kabupaten Solok, diwakili Wali Nagari, BPN dan Kader Pembangunan Manusia. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 29 sampai 31 Juli 2019,” jelas Ilyas Yadi.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Solok H.Yulfadri Nurdin, Kadis DPMN Irwan Effendi, Kasad Pol PP dan Damkar Effriedi, Kadis Kominfo Mulyadi Marcos, Camat beserta Wali Nagari dan para peserta Bursa Inovasi. ** Rhian/Kobar/Hms

937 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*