Untuk Raih Nilai SAKIP A, Wako Payakumbuh Tak Batasi Study Banding

Wako Riza Falepi saat memberi pengarahan.
Wako Riza Falepi saat memberi pengarahan.

Payakumbuh, Editor.- Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat Koordinasi antar perangkat daerah. Rapat berlangsung di Aula Lantai III Balaikota Payakumbuh, Eks Lapangan Poliko, Senin siang (4/2).

Rakor dipimpin langsung Walikota Payakumbuh, Riza Falepi. Turut hadir Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, Pj. Sekda Amriul Dt. Karayiang, Asisten I, Yoherman. Rakor dihadiri seluruh pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemko Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Walikota menekankan pentingnya perolehan nilai yang sangat baik dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP). Meski Payakumbuh dalam penilaian terakhir berhasil meraih prediket BB dengan skor 71,66, Walikota berharap tahun depan nilai yang diperoleh bisa memperoleh prediket A.

“Alhamdulillah, kemarin kita kembali dapat nilai BB dalam SAKIP, nilai naik sedikit. Artinya sudah dua tahun terakhir kita dapat BB, tahun depan kalau bisa A, lai bisa kan bapak dan Ibu?” tanya Walikota kepada peserta Rakor yang dijawab dengan koor setuju.

Dikatakan walikota, dirinya menyadari bahwa selama ini jajarannya di perangkat daerah sudah bekerja cukup baik. Sudah banyak waktu, fikiran dan tenaga yang dicurahkan, akan tetapi karena posisi Payakumbuh sedang bagus dan menjadi rujukan, maka mau tidak mau prediket bagus itu harus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Kita sekarang diposisi diatas. Banyak dijadikan rujukan orang, termasuk dari daerah tetangga. Maka ini perlu terus dijaga, memang mempertahankan jauh lebih sulit dari pada meraih, tapi itu harus kita jalani,” ujar Walikota.

Dikatakan, ada beberapa persoalan yang harus diperbaiki agar cita-cita memperoleh SAKIP A bisa tercapai. Dirinya melihat ada beberapa kelemahan dibeberapa dinas terkait masalah pelaporan yang sesuai dengan standar penilaian KemenpanRB.

“Dari laporan yang saya terima, kita bekerja habis habisan, tetapi kita tidak menulis apa yang kita kerjakan sesuai dengan visi dan misi sehingga nilai SAKIP nya masih rendah,” ujar Walikota Riza.

Diakui Riza, untuk mengatasi problem tersebut, dirinya telah mengambil kebijakan menempatkan orang yang lebih kompeten untuk penguatan di pos-pos jabatan tersebut.

“Alhamdulilah mutasi kemarin, kita sudah memasukkan pertimbangan tersebut dalam penempatan. Mudah mudahan kebijakan ini bisa meningkatkan perolehan nilai SAKIP di dinas tersebut,” jelas Riza Falepi.

Riza bertekad, tahun depan Kota Payakumbuh bisa meraih nilai SAKIP A, dirinya mempersilahkan para kepala OPD untuk tukar informasi ke  daerah-daerah dengan nilai SAKIP lebih baik dari Payakumbuh.

“Silahkan studi banding untuk bisa meraih SAKIP lebih baik, saya tidak akan membatasi. Tapi harus bisa dipastikan, nilai kita lebih baik, jangan sampai anggaran belajar banyak keluar, tapi nilai SAKIP tidak naik-naik. Mudah-mudahan kita menjadi daerah pertama di Propinsi Sumatera Barat yang dapat nilai SAKIP A,” pungkas Walikota. ** Yus

1328 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*