Tantangan yang Dihadapi Koperasi Adalah Persoalan Mindset dan Perubahan Sistem

Bupati Gusmal saat menyerahkan penghargaan kepada insan koperasi Kab. Solok.
Bupati Gusmal saat menyerahkan penghargaan kepada insan koperasi Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola perkoperasian.

Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM pada pidato tertulisnya yang dibacakan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya pada peringatatan Hari Koperasi Nasional ke 72 Tahun 2019, bertempat di halaman kantor Bupati Solok, Kamis (1/8).

Lebih lanjut dikatakan, insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya, karena saat ini koperasi sudah seharusnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM dan BPS, tahun 2014 kontribusi koperasi terhadap pembentukan PDB Nasional sebesar 1,71%, dan pada tahun 2018 sudah meningkat tajam menjadi 5,1%.

Pada kesempatan itu Bupati Solok juga menyerahkan berbagai penghargaan kepada pelaku koperasi di Kab. Solok, diantaranya:

1. Penyerahan penghargaan kepada koperasi berprestasi tingkat Provinsi (Peringkat 1 KPRI Bina Karya, Peringkat 2 KSU-ED Tabek Talang Babungo, Peringkat 4 KSP Kubang Gantung Ciri)

2. Penghargaan koperasi berprestasi tingkat Kab. Solok untuk peringkat 1 (KSP Mitra Karya Singkarak, KUD Manunggal, KPRI BPTP Sumbar, KPRI Guru-Guru SD Kec. Bukit Sundi, KPRI Buah Nusantara)

3. Penghargaan koperasi berprestasi tingkat Kab. Solok untuk peringkat 2 (KSP Talang Babungo, Koperasi Pertanian Tunas Inti, KPRI SMA 1 Gunung Talang, KUD Sumani, KSU B Marto)

4. Penghargaan koperasi berprestasi tingkat Kab. Solok untuk peringkat 3 (KSP Harapan Bunda, Koperasi Produsen The Organik SJS, KPRI Kemenag, KPRI SMA1 Singkarak, KUD Koto Baru)

5. Penyerahan secara simbolis bantuan kementerian koperasi UKM RI bagi wirausaha pemula (Rini Deswati – Kerajinan aksesoris, Elvia Deni Harida – Kacang Goreng Mak Ida, Wira Yuna Ramadani – Sulaman dan Bordiran).

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Solok, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD di Lingkup Pemkab. Solok beserta seluruh jajaran, Pengurus, Pengawas, Manager dan Kasryawan Koperasi di lingkup Kab. Solok. ** Rhian/Doni/Hms

1444 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*