Sidang Ranperda APBD-P Tanah Datar Berjalan Alot dan Ditetapkan Dengan Voting

Sidang paripurna DPRD Tanah Datar yang sepi anggota.
Sidang paripurna DPRD Tanah Datar yang sepi anggota.

Batusangkar, Editor.- Diakhir masa sidang DPRD Tanah Datar Preiode 2014 – 2019 melakukan voting untuk mengambil suatu keputusan dalam sidang paripurna  Rumusan Ranperda APBD Perubahan tahun 2019 yang dilaksanakan Jum’at (9/8), bertempat di Ruangan Sidand utama  yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Anton Yondra di dampingi oleh Wakil Ketua DPRD Irman.

Sidang Ranperda Perubahan APBD tahun 2019 berlangsung sangat alot .Sebanyak 6 fraksi menyatakan menerima dan 2 fraksi menolak  serta 1 fraksi tidak menyatakan sikap (abstain), Fraksi yang menolak adalah Gerindra dan Demokrat sedangkan yang abstaian adalah Hanura.

Dengan adanya penolakan terhadap RAPBD 2019 oleh 2 Fraksi,sidang  sempat diskor untuk beberapa waktu dan kemudian dilanjutkan dengan musyawarah antar pimpinan fraksi  tampa diikuti fraksi Hanura yang memilih abstain.Walaupun telah melalui musyawarah namun tidak juga mendapat kata sepakat maka keputusan akhir adalah dengan melakukan voting terbuka..

Dan sangat disayangkan pada awal sidang  dihadiri oleh 24 orang anggota DPRD namun pada saat akan melaksanakan voting hanya dihadiri oleh 14 orang saja anggota DPRD dan 10 orang hilang hentah kemana.

Dari 14 orang anggota yang mengikuti sidang  voting terbuka hanya 11orang  anggota yang menerima ,1 orang anggota menolak dan 2 orang anggota menaytakan abstain.Dengan hasil  voting tersebut maka RAPBD tahun anggaran 2019 akhirnya disahkan menjadi peraturan daerah.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya mengatakan .Jika berdasarkan saran dan pendapat dari DPRD baik dari awal pembahasan  hingga penetapan RAPBD tahun 2019 ini,seluruh OPD diminta untuk lebih mencermati,menyimak dan menindaklanjuti saran dan pendapat tersebut untuk kedepanya..

Walaupun dalam pembahasan kali ini ada fraksi yang menolak dan juga abstain itu merupakan hal yang wajar  dalam dinamika  demokrasi ,karena perbedaan itu merupakan suatu hal yang biasa dan jangan dijadikan polemik yang berkepanjangan..

“Kepada Sekda dan seluruh OPD saya menyampaikan untuk bisa mencermati serta menyimak apa yang telah disampaikan oleh anggota dewan .Kepada fraksi yang menolak dan abstain,walaupun terjadi perbedaan pendapat dan pandangan diantara kita ,jangalah perbedaan ini sampai berkepanjangan “ harap Irdinansyah.

Hadapun hasil rumusan RAPBD tahun 2019  ini diantaranya pendapatan sebesar Rp 1.385 triliun,belanja Rp 1,464 triliun, dan  pembiayaan sebesar Rp 78,908 milliar.Pada tahun ini juga terjadi pergeseran belanja tidak lansung  ke belanja langsung yaitu belanja tidak langsung  berkurang  Rp 309.69 juta dari Rp 309.694 juta dari Rp 839.810 milliar menjadi Rp 839.500 miliar.Sementara belanja langsung bertambah menjadi Rp 624,632 miliar dari Rp 624,322 milliar.

Sidang yang  semulanya dijadwalkan pukul 09.00 wib sempat di skor oleh pimpinan sidang Anton Yondra  karena qorum belum tercukupi dan sidang bisa terlaksana mulai pukul 10.15 wib setelah  sidang dihadiri oleh 24 orang dari jumlah anggota dewan sebanyak 35 orang ** Jum

823 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*